Fakta-Fakta Keren tentang si pendekar kapak maut naga geni 212 - Wiro Sableng

Fakta-Fakta Keren tentang si pendekar kapak maut naga geni 212 - Wiro Sableng
Kaba Berita - Apakah Anda sering melihat poster film Wiro Sableng dan tagar #siapsableng wira-wiri di jejaring sosial? Walaupun jadwal tayangnya masih enam bulan lagi, sounding film ini memang sedang gencar-gencarnya.


Berkat teaser yang cukup menjanjikan, adaptasi teranyar Wiro Sableng menjadi salah satu film paling diminati/dinanti di tahun 2018. Fans maupun mereka yang belum akrab dengan sosok si pendekar sableng berharap banyak terhadap film ini.
Sebelum kita menonton filmnya nanti, apa saja yang perlu diketahui tentang Wiro Sableng? Berikut ini kami sajikan deretan fakta dan informasi mengenai si pendekar 212. Kamu yang belum sempat menikmati zaman kejayaan novel atau sinetronnya juga perlu tahu.
Bastian Tito mulai menulis kisah Wiro sejak tahun 1960-an. Saat itu dia sempat menggunakan nama pena Bastian BA. Almarhum menuliskan satu kisah petualangan Wiro dalam waktu yang cukup singkat, rata-rata tiga minggu saja. Sekali tulis dia bisa menyelesaikan dua hingga tiga buku.


1. Cersil dengan citarasa lokal karya Bastian Tito

Dari tahun 60-an sampai 90-an, para penikmat fiksi Indonesia tengah tergila-gila dengan cersil atau cerita silat. Fiksi wuxia dari Tiongkok maupun kisah para pendekar tanah air selalu laris manis. Salah satu cerita silat yang paling sukses saat itu adalah serial Wiro Sableng yang dikarang oleh Bastian Tito.
Cersil dengan citarasa lokal karya Bastian Tito
Meskipun proses penulisannya cepat, Bastian tidak membuat novel Wiro Sableng dengan asal-asalan. Beliau rajin melakukan riset dengan mengunjungi berbagai daerah. Berbekal alat perekam, Bastian mendokumentasikan cerita mengenai kondisi alam, adat-istiadat, legenda, maupun mitos setempat untuk dimasukkan ke dalam novelnya.

2. Karena terkenalnya, sampai di cetak ulang

Kisah Wiro Sableng begitu dicintai para penggemar cersil. Rata-rata setiap judul terjual hingga 800.000 eksemplar.
Setelah meledak di tahun 1980-an, dua novel Wiro Sableng diterbitkan kembali pada tahun 90-an untuk memenuhi permintaan pasar. Dua judul itu adalah Makam Tanpa Nisan dan Guci Setan. Penjualan dua judul tersebut juga berhasil menyentuh angka 900.000, jumlah yang luar biasa pada masa itu.

3. Senjatanya Bukan Hanya Kapak Lo !

Sosok Wiro Sableng memang identik dengan kapak naga geni 212. Tetapi sebenarnya senjata andalan Wiro bukan cuma kapak bermata ganda itu.
Di dalam kapak naga geni saja tersembunyi dua senjata rahasia. Ada jarum beracun yang tersembunyi di dalam gagangnya. Sementara gagang kapak itu sendiri bisa difungsikan sebagai seruling. Suara yang dihasilkan begitu dahsyat dan mematikan.
Seperti ninja dari cerita laga Jepang, Wiro Sableng juga memiliki senjata sejenis shuriken. Bentuknya menyerupai bintang dengan ujung-ujung yang tajam.
Senjata terakhir yang dimiliki Wiro adalah batu hitam berukir simbol 212. Batu ini bisa menyemburkan api besar jika digunakan bersama kapak naga geni. Karena kekuatannya yang luar biasa, batu tersebut menjadi senjata pamungkas yang digunakan pada saat-saat paling genting saja.

4. Guru Wiro Sableng Itu juga bukan cuma Sinto Gendeng !

Sinto Gendeng memang pendekar yang paling berjasa bagi Wiro. Selain menyelamatkan dan merawat Wiro sejak kedua orangtuanya tewas, perempuan ini juga mengajarkan banyak ilmu kepada Wiro. Walaupun begitu, Wiro juga belajar banyak dari Tua Gila.Fakta-Fakta Keren tentang si pendekar kapak maut naga geni 212 - Wiro Sableng
Tua Gila mengajarkan sekitar setengah lusin ilmu kepada pendekar berbaju putih tersebut, antara lain ilmu silat orang gila dan jurus pukulan dewa topan menggusur gunung.
Selain Sinto Gendeng dan Tua Gila, Wiro juga mendapatkan ilmu dari orang-orang sakti yang ditemuinya selama berpetualang, antara lain Dewi Loro Jonggrang, Raja Penidur, Hantu Selaksa Angin, dan Pendekar Pedang Akhirat.
Apa makna filosofis simbol 212 yang jadi identitas Wiro Sableng? Siapa saja aktor yang sudah pernah memerankan dirinya? Ini penjelasan selengkapnya.

5. Makna filosofis rajah 212

Bastian Tito tentu tak sembarangan dalam menciptakan karakter Wiro. Setiap detail penampilan pendekar fiktif itu memiliki makna filosofis tersendiri, termasuk ikat kepala berbentuk segitiga dan angka 212 yang dirajahkan di dada dan telapak tangannya.Fakta-Fakta Keren tentang si pendekar kapak maut naga geni 212 - Wiro Sableng
Angka 212 berarti dua unsur dalam kehidupan yang selalu berlawanan namun tak bisa dipisahkan dan bersumber kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar Wiro tidak pernah melupakan hakikat kehidupan manusia, tiga angka itu ditorehkan oleh Sinto Gendeng di dekat hati dan anggota tubuh yang paling banyak digunakan untuk berbuat baik.

6. Lekat dengan kesan playboy, padahal lelaki setia

Wiro Sableng digambarkan sebagai pemuda yang tampan, lucu, dan suka menolong. Tak heran kalau hampir setiap tokoh wanita yang mampir di masing-masing episode kepincut kepadanya. Wiro sendiri biasanya menyimpan rasa suka kepada mereka.
Walaupun begitu, si pendekar sableng hanya pernah jatuh cinta dua kali. Dua perempuan yang benar-benar merebut hatinya adalah Bunga dan Bidadari Angin Timur.

7. Sudah diperankan empat aktor

Sampai hari ini, kisah Wiro Sableng sudah diangkat ke layar lebar maupun layar kaca. Aktor Tony Hidayat memerankan Wiro dalam tujuh judul film. Atin Martino cuma kebagian peran dalam satu judul, yaitu Satria Kapak Tutur Sepuh.
Sinetron Wiro Sableng yang diproduksi oleh Herry Topan Intercine Production pada tahun 1990-an diperankan oleh Herning Sukendro alias Ken Ken. Season keduanya dilanjutkan oleh Abhie Cancer.

8. Sinetron laris yang selalu ditunggu di hari Minggu

Sinetron Wiro Sableng menjadi salah satu acara yang paling dinanti di hari Minggu. Tayangan tersebut telah membesarkan nama sejumlah bintang. Dua di antaranya adalah Ken Ken dan pedangdut Helvy Maryand.
Sampai sekarang, Abhie Cancer yang menggantikan Ken Ken juga masih laris sebagai pemain sinetron laga. Film terbaru Wiro Sableng bakal diperankan oleh anak Bastian Tito, yaitu Vino G Bastian. Bagaimana ceritanya?

9. Film terbarunya bakal dimainkan oleh anak dan menantu Bastian Tito

Sudah diketahui bersama jika Wiro Sableng akan kembali diangkat ke layar lebar. Satu hal yang cukup istimewa dari adaptasi teranyar ini adalah para pemerannya. Wiro Sableng diperankan oleh aktor Vino G Bastian, anak kandung sekaligus pemegang hak cipta Wiro Sableng.
Sementara istri Vino, Marsha Timothy kebagian peran sebagai Bidadari Angin Timur. Kakak Marsha, Sheila Timothy juga terlibat dalam proyek. Dia bertugas sebagai produser film.

10. Sejak kecil Vino sudah kepingin jadi pendekar

Menyaksikan sendiri tokoh Wiro Sableng lahir dari buah pikiran sang ayah, tentu tak mengherankan kalau Vino menjadi penggemar nomor satu kisah pendekar muda ini. Rupanya sang ayah sendiri juga bercita-cita kelak anaknya bisa memerankan Wiro Sableng. Keinginan itu sempat disampaikannya kepada pemeran Wiro di sinetron, yaitu Ken Ken.
Ketika diminta untuk memerankan Wiro, Vino sempat merasa ragu. Pasalnya dia tidak memiliki dasar bela diri. Kemudian Vino diyakinkan banyak pihak, termasuk Yayan Ruhiyan, Herning Sukendro, dan kakak iparnya sendiri. Kata mereka, kalau ada aktor yang mampu memahami karakter Wiro sedalam-dalamnya, sudah pasti Vino orangnya.

11. Melibatkan nama-nama besar dari dunia musik...sebagai aktor

Karena digadang-gadang sebagai film laga paling ambisius tahun ini, tak mengherankan jika Wiro Sableng melibatkan nama besar di dunia perfilman seperti Yayan Ruhiyan, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Happy Salma, Marcella Zalianty, dan Dwi Sasono.
Yang menjadi unsur kejutan di film ini adalah hadirnya sejumlah musisi yang ikutan jadi pemain. Selain Sherina yang berperan sebagai Anggini ada pula Marcell Siahaan dan Restu Triandy. Masing-masing berperan sebagai Ranaweleng dan Dewa Tuak.Nama-nama besar ikut terlibat dalam proyek film ini, antara lain Seno Gumira Ajidarma, Tex Saverio, dan 20th Century Fox.

12. Skenario ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma

Skenario film Wiro Sableng ditulis oleh Tumpal Tampubolon, Sheila Timothy, dan Seno Gumira Ajidarma. Penikmat sastra pasti sudah tak asing dengan nama yang terakhir ini. Seno telah menelurkan cukup banyak karya yang meliputi novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan esai. Namanya sangat dihormati di dunia sastra modern.

13. Baju rancangan Tex Saverio bakal tampil di film

Kenal Tex Saverio? Dia adalah desainer Indonesia pertama yang tampil di Paris Fashion Week. Tex dijuluki sebagai Alexander McQueen-nya Indonesia. Gaun-gaun haute couture rancangannya sudah dipakai sejumlah selebriti bertaraf internasional, antara lain Lady Gaga, Kim Kardashian, dan Ayumi Hamasaki.
Gaun malam mewah rancangan Tex muncul dalam film The Hunger Games: Catching Fire, dikenakan oleh Jennifer Lawrence yang berperan sebagai Katniss Everdeen. Dalam film Wiro Sableng nanti, baju rancangan Tex juga bakal muncul. Menurut bocoran dari Sheila Timothy, Tex sudah merancang sebuah kostum khusus untuk tokoh Bidadari Angin Timur yang diperankan oleh Marsha Timothy.

14. Digandeng 20th Century Fox

Wiro Sableng memang bukan proyek main-main. Untuk memproduksi dan memasarkan film ini, Lifelike Pictures digandeng Fox International Production alias 20th Century Fox.

15, Belum tayang, tetapi sekuelnya sudah digodok

Film Wiro Sableng baru akan tayang pada bulan September 2018 nanti. Proses pengambilan gambarnya saja baru rampung bulan November lalu. Tetapi sekuel film ini malah sudah masuk tahap perencanaan. Sheila Timothy, sang produser sudah membocorkan sedikit draft sekuel melalui halaman Instagram-nya.
Itulah deretan fakta seru tentang Wiro Sableng, si pendekar kapak naga geni 212 yang mungkin belum kamu ketahui