Mantan Presiden RI SBY Kritik Pidato Prabowo Tentang Indonesia Bubar 2030

Kaba Berita - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Juga menanggapi isi pidato Prabowo Subianto tentang prediksi bahwa Indonesia akan bubar pada 2030. Ketua Umum Partai Demokrat itu meyakini Indonesia tidak akan pernah bubar.


Mantan Presiden RI SBY Kritik Pidato Prabowo Tentang Indonesia Bubar 2030



"Indonesia adalah bangsa yang kuat dan majemuk serta memiliki berbagai kebudayaan suku dan agama. Maka dari itu, saya yakin Indonesia tidak akan pernah bubar," kata SBY seperti dikutip Antara. 

SBY menyatakan hal itu dalam acara Temu Kader Partai Demokrat di Gedung Juang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (25/3/2018).

Menurut SBY, prediksi tersebut memang tertulis dalam buku berjudul Ghost Fleet: a Novel of The Next World War. Novel ini menjadi referensi Prabowo saat menyebut ada pakar asing yang memprediksi negara Indonesia sudah bubar di tahun 2030.

Novel yang mengisahkan perang masa depan antara Cina vs Amerika Serikat itu ditulis oleh Peter Warren Singer dan August Cole. Keduanya ialah pakar politik dan pertahanan asal AS. 

Baca Juga : Saat Tanggapi Prediksi Prabowo Indonesia Bubar 2030, Jokowi Tertawa

SBY mengaku pernah membaca Novel referensi Prabowo itu. Dia menilai novel itu memang hasil perpaduan antara unsur fiksi dan ilmiah. 

Aklan tetapi, SBY berpendapat buku itu tetap karya fiksi dan tidak bisa menjadi acuan untuk meramal nasib Republik Indonesia pada 2030. 

Meskipun demikian, SBY mengimbau agar seluruh elemen bangsa tetap berupaya untuk menjaga keutuhan NKRI. SBY berharap slogan "NKRI harga mati" tidak menjadi sekedar retorika.

SBY juga mengingatkan agar seluruh rakyat Indonesia tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang memecah-belah bangsa. Ia mencontohkan salah satu isu provokatif ialah mempertentangkan Pancasila dengan Islam.

"Pemerintah harus turun tangan dan merangkul semua pihak, serta rakyat pun jangan mau diprovokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, karena keutuhan bangsa ini ada di tangan kita," kata SBY.
Sumber : tirto

Kaba Berita - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Juga menanggapi isi pidato Prabowo Subianto tentang prediksi bahwa Indonesia akan bubar pada 2030. Ketua Umum Partai Demokrat itu meyakini Indonesia tidak akan pernah bubar.