Sirkuit Misano dikenal pencinta balap motor sebagai venue

Kaba Berita , Jakarta – Sirkuit Misano dikenal pencinta balap motor sebagai venue penyelenggaraan MotoGP San Marino. Sirkuit yang dibangun pada 1972 ini bahkan sudah menggelar balapan motor sejak 1981.
Pada awalnya, sirkuit ini hanya bernama Misano World Circuit. Namun, demi mengenang pebalap Italia, Marco Simoncelli, yang meninggal pada balapan MotoGP Malaysia 2011, nama sirkuit ini berubah menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli.
Sirkuit Misano dikenal pencinta balap motor sebagai venue
The Doctor
Sirkuit ini memiliki panjang 4,2 kilometer, dan biasa dipakai sebagai tempat penyelenggaraan balapan MotoGP dan World Superbike.
Untuk MotoGP, sirkuit yang memiliki 16 tikungan ini baru menjadi tuan rumah pada 2007. Hingga kini, Yamaha yang paling berkuasa.
Sejak 2007, Yamaha sudah memenangi balapan di Sirkuit Misano sebanyak enam kali. Valentino Rossi tiga kali dan Jorge Lorenzo tiga kali.
Bagi Rossi, sirkuit dengan total jarak tempuh 118,3 km ini sangat spesial.  Bahkan, The Doctor menyebut Misano sebagai “rumah” untuknya.
Namun, dalam tiga musim terakhir, sirkuit ini selalu dikuasai pebalap Honda. Pada musim 2015, Marc Marquez yang menjadi pemenang di Sirkuit Misano.
Lalu pada MotoGP 2016, juaranya adalah rekan setim Marquez, yakni Dani Pedrosa. Pebalap yang dijuluki The Little Spaniard itu sudah mengoleksi dua gelar di sirkuit ini.
Sementara pada MotoGP 2017, Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang. Posisi kedua dan ketiga ditempati Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso.
Sumber : Riau Redaksi

Kaba Berita , Jakarta – Sirkuit Misano dikenal pencinta balap motor sebagai venue