Tips Jadi Vlogger Handal


Kaba Berita, Jakarta – Ada macam-macam pilihan pekerjaan yang bisa dipilih seseorang di tengah zaman canggih yang makin berkembang. Salah satu jenis profesi baru yang langsung Banyak peminatnya adalah vlogger.
Profesi yang sedang naik daun ini banyak digandrungi oleh anak muda. Dengan modal tak banyak dan berbekal jiwa kreatif, setiap orang bisa menjadi seorang vlogger.
Ternyata, ada beberapa trik jitu yang bisa dilakukan seseorang agar bisa sukses menjalani profesi sebagai vlogger. Vlogger dan Penggagas Cameo Project Martin Anugrah mengatakan, kunci kesuksesan seseorang menjadi vlogger adalah mampu menciptakan konten-konten menarik.
Selain itu, kata Martin, seorang vlogger juga harus memperhatikan kualitas audio dalam setiap video yang dibuat. Seringkali, banyak vlogger pemula yang tidak terlalu mementingkan hal ini.
“Jadi vlogger itu sebenarnya tidak susah. Vlog itu kan dari kata ‘blog’ kan tapi ada unsur videonya. Jadi yang harus dilakukan adalah punya alat-alatnya untuk membuat videonya,” kata Martin saat ditemui di sebuah acara talkshow di Jakarta, seperti ditulis Senin (26/2/2018).
“Cuma banyak orang yang missed ya, jadi bukan hanya video yang penting tapi juga audio-nya juga. Jadi saran saya kalo mau jadi vlogger harus diperhatiin juga bagaimana ngerekam suaranya,” lanjut dia.
Menurut Martin, konten video yang kerap populer dan banyak disenangi oleh warganet adalah yang berbau komedi dan keseharian. Selain itu ada juga vlogger yang sering membuat video yang mendokumentasikan kegiatan sehari-hari mereka.
“Biasanya yang paling tinggi itu soal komedi dan keseharian. Jadi paling gampang liat google trend atau youtube trend jadi kita bisa pelajari,” kata Martin.
Profesi sebagai vlogger memang bisa membuat seseorang mendulang penghasilan tidak sedikit. Meski demikian, Martin menyarankan pekerjaan vlogger ini bukanlah dijadikan pekerjaan utama. Menurut dia, konten seorang vlogger bisa tidak lagi berkualitas apabila fokusnya hanya pada uang.
“Kalau menurut saya, vlogger itu jangan dijadiin satu-satunya pendapatan. Kenapa? Karena lebih baik kita punya kerjaan lain tapi kita ngevlog juga. Karena kalo menurut saya kalo hidupnya bergantung dari vlogger nah fokusnya jadi uang. Jadi enggak bagus nantinya,” pungkas dia.

Sumber : Riau Redaksi