Biaya Referensi Umrah Rp20 Juta, Telah Resmi Ditetapkan Kemenag

Kaba Berita, Payakumbuh, Nasional - Kemenag atau Kementrian Agama telah Resmi menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Referensi (BPIU Referensi) sebesar Rp 20juta. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 221 tahun 2018 tentang BPIU Referensi.
“KMA BPIU Referensi sudah terbit per 13 April 2018 lalu. Kini sudah ada BPIU Referensi sebesar Rp20juta,” terang Direktur Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim di Jakarta pada, Kamis (19/04/2018).
Biaya Referensi Umrah Rp20 Juta, Telah Resmi Ditetapkan Kemenag
Menurut Arfi, BPIU Referensi akan menjadi pedoman Kementerian Agama dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).
Arfi menjelaskan, pengawasan yang dilakukan utamanya terkait layanan yang diberikan kepada jemaah umrah yang harus memenuhi standar pelayanan minimal.
Baca Juga : Bolehkah Ulama Berpolitik? Begini Tanggapan Ustadz Abdul Somad
BPIU Refenresi menjadi pedoman pengawasan, klarifikasi, sekaligus investigasi terkait harga paket umrah yang ditawarkan PPIU,” ungakpnya.
Bagi PPIU, BPIU Referensi juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menetapkan harga paket sesuai standar pelayanan minimal. Sebab, PPIU dalam menetapkan biaya umrah memang harus sesuai standar pelayanan minimal.
Baca Juga : Penjelasan Lukman Hakim (menag) Soal Persiapan Ibadah Haji 2018
“Bagi masyarakat, BPIU Referensi berguna sebagai acuan dalam menimbang harga paket yang ditawarkan PPIU,” tandasnya.

Kaba Berita, Payakumbuh, Nasional - Kemenag atau Kementrian Agama telah Resmi menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Referensi (BPIU Referensi) sebesar Rp 20juta. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 221 tahun 2018 tentang BPIU Referensi.