Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur

Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur
Kaba Berita, Payakumbuh, Tips - Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur - Liburan tak lepas dari rental mobil. Musim liburan, usaha perentalan mobil di berbagai daerah di Indonesia biasanya banjir pesanan. Berikut Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur :

1. Bagusnya dipesan pada jauh-jauh hari
Di musim liburan, memesan mobil sewaan saat tiba di destinasi wisata tergolong nekat. Memang idealnya adalah memesan jauh-jauh hari. Jika mepet, siapkan uang yang lebih.
Semakin dekat waktunya, harga sewa juga makin tinggi. Pilihan mobil pun semakin sedikit. Pilihan lain jika Anda kehabisan mobil sewaan, Cari kenalan di destinasi tersebut dan pertimbangkan untuk menyewa mobil pribadinya.

2. Cek dan Bandingkan harga
Ada baiknya sebelum ke rental mobil, bandingkan harga sewa. Bisa lewat internet untuk mengetahui kisaran harga sewa. Umumnya, sewa mobil jenis MPV, harga sewa mulai dari Rp 350.000.
Harga sewa mobil di bandara dan pusat kota juga umumnya berbeda. Namun terkadang lebih mudah untuk sewa mobil di bandara, karena mobil rental di pusat kota lebih cepat habis terpesan.

3. Lama penyewaan.
Tiap daerah kebijakan lama sewa berbeda-beda. Seperti di Yogyakarta, umumnya lama sewa adalah 12 jam per hari. Sementara di Bali adalah 10 jam per hari. Pastikan berapa biaya tambahan jika melewati batas waktu. Bisa juga dengan sewa harian atau 24 jam.

4. Pakai supir atau tidak
Jika Anda tak kenal daerah tersebut, lebih baik pakai supir. Hal ini akan menghemat waktu Anda daripada harus keliling nyasar dan bertanya alamat. Pastikan supir memang familiar daerah tersebut.
Jika pakai supir, tanyakan berapa biaya tambahannya dan apakah sudah termasuk uang makan atau belum. Rajin-rajinlah memberi tips atau sekadar "uang rokok" tambahan jika supir memang kerja dengan baik.
Bila ingin menyetir sendiri, tanyakan soal asuransi apabila terjadi kecelakaan terhadap mobil tersebut. Jika tanyakan di mana mobil akan diantar. Sebaiknya janji temu lepas kunci ada di bandara.

5. Bayar di muka
Beberapa penyewaan menerapkan sistem bayar di muka. Di luar negeri, Anda wajib menggunakan kartu kredit untuk deposit dengan nilai tertentu.
Jika membayar di muka, beberapa rental mobil memberikan diskon. Namun pastikan apabila terjadi pembatalan, apakah uang Anda bisa dikembalikan.

6. Bensin
Ada rental mobil yang menyewakan mobil sudah lengkap dengan bensin. Di luar negeri malahan ada rental mobil yang akan mengganti uang bensin Anda.
Beberapa rental mobil menawarkan sewa mobil sudah lengkap bensin dan supir. Jadi pastikan Anda mengetahui hal ini dengan tanyakan terlebih dahulu. Tak ada salahnya Anda menyimpan struk bensin.

7. Cek mobil
Sebelum digunakan dan masih di tempat rental mobil, bersama-sama cek kembali mobil yang akan Anda gunakan.
Apakah ada goresan atau penyok di tubuh mobil. Tak sekedar tubuh mobil, cek setiap fungsinya. Juga rem hingga air mobil. Foto kondisi mobil tersebut sebelum Anda gunakan.

Kaba Berita, Payakumbuh, Tips - Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur - Liburan tak lepas dari rental mobil. Musim liburan, usaha perentalan mobil di berbagai daerah di Indonesia biasanya banjir pesanan. Berikut Kiat Penting Sebelum Rental Mobil untuk Berlibur :