Tempat Yang Harus Kamu Jelajahi Jika Berkunjung Ke Payakumbuh

Kaba Berita, TRAVELING Kebanyakan penduduk Payakumbuh adalah etnis Minangkabau, jadi jangan heran jika kamu menemukan orang-orang dengan karakter khas Minang. Begitu juga dengan masakannya yang terkenal dengan bumbu dan rasa pedasnya itu. Berikut ini adalah beberapa Tempat Yang Harus Anda Jelajahi Jika Berkunjung Ke Payakumbuh Cekitout : :D

1. Padang Mengatas (Padang Mangateh)

Padang Mengatas
Ingin melihat padang rumput yang luas dan hijau? Nggak perku jauh-jauh ke New Zeland karena di Indonesia ternyata ada tempat dengan pemandangan ala luar negeri seperti itu. Kamu bisa datang ke kawasan Padang Mengatas. Memang lokasinya tidak berada di pusat Kota Payakumbuh, melainkan di Kabupaten Lima Puluh Kota, sebuah daerah yang dulunya menyatu dengan Payakumbuh. Di tempat itu ada peternakan yang cukup besar dan dikelola oleh  Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas di bawah Kementerian Pertanian. Sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan pernah menjadi peternakan paling besar se-Asia Tenggara.
Pertama kali didirikan pada tahun 1916 dan hingga saat ini terus difungsikan sebagai peternakan sembari dibuka untuk tempat berwisata. Meski sempat beberapa kali jatuh bangun, namun kamu akan menemukan keindahan yang menakjubkan jika datang ke sana. Dari Padang Mengatas kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Sago. Jika kamu berangkat dari Kota Padang, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 sampai 4 jam dengan jarak mencapai 200 km. Selain dari Padang, kamu juga bisa berangkat dari Pekanbaru.
Lokasi : Jl Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia

2. Bukit Batu Belubus (Bukit Manda)

Masih di Payakumbuh, ada juga perbukitan dengan pemandangan alam nan indah. Dari atas ketinggian kamu bisa menikmati sebuah lembah hijau. Yang membuat tempat ini unik adalah tebing batu yang ada di puncak bukit. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Bukit Batu Belubus (Bukik Manda),  Bukik Batu Manda, Puncak Manda atau yang lebih sederhana adalah Bukit Manda. Lokasinya ada di Balubuih. Dipercaya, batu tersebut memiliki kekuatan magis karena dianggap bersejarah. Selain Batu Belubus, ada juga batu lain seperti Batu Bakoca, Batu Biliak, Batu Manggigia dan Batu Palano yang letaknya tak jauh dari Batu Belubus.
Untuk membuktikan sendiri keindahannya, kamu bisa datang langsung ke wilayah Desa Belubus yang masuk dalam kawasan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Payakumbuh. Cukup melakukan perjalanan sejauh 15 km saja. Kamu sudah bisa menapaki jalan menuju Puncak Manda.
Lokasi : Sungai Talang, Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia

3. Air Terjun Sarasahh Murai Gantiang

Kamu akan merasakan sebuah kedamaian dan lebih dekat dengan alam saat tiba di Air Terjun Sarasah Murai. Lokasinya ada di Lembah Harau yang terkenal sebagai daratan super Indah dengan budaya mengagumkan khas Minangkabau. Jangan puas dulu menikmati tebing-tebing granit setinggi 100 hingga 500 meter di Lembah harau, karena masih ada destinasi seperti Air Terjun Sarasah Murai  yang menunggu untuk kamu datangi. Untuk menuju ke sini cukuplah mudah.
Meskipun begitu, tidak banyak yang tahu tentang keindahannya. Jadi bisa dipastikan masih dalam kondisi alami.  Kamu harus menempuh perjalanan sejauh 10 km dari gerbang masuk wilayah Lembah Harau. Kamu harus siap dengan jalanan terjal dan berbatu. Karena sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan menjadi tempat wisata menarik dengan fasilitas mumpuni. Air terjun ini tidak hanya terdiri dari satu tingkat saja, tapi ada tujuh tingkat.
Lokasi : Lembah Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia

4. Bukit Bulek (Bukik Bulek)

Bulek dalam bahasa setempat berarti bulat merujuk pada sebuah tebing tinggi yang menyerupai sebuah bulatan. keberadaan batu tersebut begitu serasi dengan lembah di sekitarnya. Apalagi ada perairan yang membiaskan bayangan bukit di kejauhan. Kamu bisa datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan atau sekadar bersantai bersama dengan keluarga. Rawa-rawa di sekitarnya  menyimpan biota berupa ikan-ikan yang bisa dipancingi.
Ketika musim libur tiba, destinasi wisata yang secara administratif masuk dalam kawasan Kenagarian Taram, Kabupaten Lima Puluah Kota itu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin memancing. Sampai sekarang, aset wisata tersebut masih dikelola oleh penduduk setempat. Untuk sampai di sini dan melihat burung-burung belibis hitam terbang, kamu harus berkendara sejauh 11 km dari Pusat Kota Payakumbuh.
Lokasi : Taram, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, , Sumatera barat, Indonesia
Itulah beberapa destinasi keren di Payakumbuh. Selain itu, masih ada banyak tempat wisata Sumatera Barat lain yang tidak kalah bagus. Yuk segera masukkan Payakumbuh ke daftar surga tersembunyi yang harus kamu eksplor dalam waktu dekat ini

Kaba Berita, TRAVELING - Kebanyakan penduduk Payakumbuh adalah etnis Minangkabau, jadi jangan heran jika kamu menemukan orang-orang dengan karakter khas Minang.