Tips Traveling Ke Sumatera Barat Buat Kamu

Tips Traveling Ke Sumatera Barat Buat Kamu
Kaba Berita, TRAVELING - Traveling ke daerah lain tentu membutuhkan persiapan khusus tiap orang, sesuai dengan kondisi lingkungan di tempat kunjungan tsb, termasuk saat liburan ke Sumatera Barat.
Agar traveling tetap berjalan lancar, ikuti tipsnya berikut :


1. Perhatikan Rencana Perjalanan
1. Perhatikan Rencana Perjalanan

Selain alamnya yang indah, Sumatera Barat juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Sayangnya, kebanyakan destinasi ini memiliki lokasi yang berjauhan satu sama lain. Agar lebih menghemat waktu dan tidak bolak-balik.
Baca Juga : Tempat Yang Harus Kamu Jelajahi Jika Berkunjung Ke Payakumbuh
Utamakan berkunjung ke destinasi yang memiliki jarak dekat dengan penginapan, kemudian lanjut ke destinasi lain yang cukup jauh. Selain itu, tentukan juga tujuan destinasi berikut rincian waktu dan biaya perjalanan yang akan dihabiskan secara cermat.

2. Hindari Hari Libur

2. Hindari Hari Libur

Sama seperti destinasi wisata lainnya, Sumatera Barat adalah salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Biasanya, Sumbar selalu ramai ketika liburan tiba. Jalanan akan padat, hotel-hotel dan destinasi wisata akan dipadati.

Traveling dengan kondisi ramai tersebut tentu tidak nyaman. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda datang ke Ranah Minang ini saat hari kerja biasa, atau hindari datang saat hari libur.
3. Perhatikan Pakaian
3. Perhatikan Pakaian

Ranah Minang dikenal memiliki penduduk yang religius dengan penduduk yang kebanyakan beragama Islam. Banyak orang berpakaian muslim di hampir setiap sudut kotanya, terutama Bukittinggi. Sebagai wujud penghormatan kepada penduduk asli, sebaiknya perhatikan pakaian Anda dengan menggunakanlah pakaian yang tidak terlalu terbuka.

4. Gunakan Sunblock (pelindung kulit)

4. Gunakan Sunblock (pelindung kulit)

Di sebagian besar wilayah Sumatera Barat, matahari bersinar sangat terik. Meski banyak bukit yang ditumbuhi pepohonan rimbun, ini tidak lantas membuat matahari meredupkan sinarnya. Agar kulit Anda tidak terbakar sinar matahari, tidak ada salahnya untuk menggunakan sunblock atau tabir surya. Ini bermanfaat untuk menghindari kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari.

5. Belanja Saat Hari Pasar, Tentu Lebih Baik
5. Belanja Saat Hari Pasar, Tentu Lebih Baik

Nah, untuk Anda yang ingin merasakan atmosfer perkampungan di Sumatera Barat, cobalah untuk datang saat hari pasar. Ya, hampir setiap perkampungan atau kota di Sumatera Barat memiliki hari pasar. Hari pasar adalah hari khusus pasar buka dan menerima banyak pembeli.

Biasanya, di hari biasa kondisi pasar tidak akan seramai saat hari pasar. Pada saat itu, pasar akan dipenuhi banyak penjual dengan aneka macam barang yang ditawarkan. Anda pun bisa melihat serta berinteraksi langsung denga penduduknya. Sebagai contoh Kota Solok memiliki hari pasar pada Senin dan Rabu, Bukittinggi dan Sawahlunto pada hari Rabu dan Sabtu, sedangkan Silungkang pada hari Jumat dan Minggu

6. Saat Berbelanja, Tawarlah Menggunakan Bahasa Minang
6. Saat Berbelanja, Tawarlah Menggunakan Bahasa Minang

Meski kadang bersuara lantang, ini bukan berarti penduduk Sumatera Barat tidak ramah dengan wisatawan. Mereka sangat menghormati setiap pelancong yang datang, apalagi yang mau mencoba berbicara menggunakan bahasa Minang. Biasanya, para penjual akan sangat senang dengan turis yang sedikit-sedikit berbahasa Minang. Saking senangnya, Anda bisa diberi harga barang yang murah, ataupun bonus. kamu Mau mencoba?

Kaba Berita, TRAVELING - Traveling ke daerah lain tentu membutuhkan persiapan khusus tiap orang, sesuai dengan kondisi lingkungan di tempat kunjungan tsb, termasuk saat liburan ke Sumatera Barat.