12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara

12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara
Kaba Berita, Payakumbuh, Tanya - 12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara - Disetiap tanggal 2 Mei yaitu Hari Pendidikan Nasional, kita selalu Mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia.
Beliau meletakkan pondasi kuat untuk pendidikan di NKRI, dengan kata-katanya: Ing Ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani".
Yang berartikan "di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan."
Berikut Kaba Berita Akan Memberikan 12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara secara singkat :
1. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.
2. Ki Hadjar Dewantara bersekolah formal di lingkungan Istana Paku Alam, juga  dari luar antara lain di ELS, Kweekschool dan Stovia. Namun sekolah di Stovia tidak sempat diselesaikan karena sakit.
3. Ki hadjar Dewantara pernah menjadi santri selama beberapa tahun saat kecil, dikirim orang tuanya ke pesantren Kalasan, Prambanan di bawah Bimbingan Kyai Sulaiman Zainuddin. 
4. Julukannya saat jadi santri adalah 'Jemblung Trunogati' atau seorang anak berperawakan kecil dengan perut buncit, namun memiliki pengetahuan yang luas.
5. Ki Hadjar Dewantara mengwali perjuangan politiknya dari dunia jurnalistik, sebagai wartawan muda.
6. Dunia Jurnalistik mengenalkannya dengan Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudhi, rekan pengelola harian De expres.
7. Sebagai wartawan muda, ia aktif dalam organisasi sosial dan politik. 
8. Pada tahun 1908, ia aktif sebagai seksi propaganda Boedi Oetomo.
Tugasnya mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.
9. Bersama Douwes Dekker dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, mendirikan Indische Partij. Mereka kemudian dikenal dengan tiga serangkai.
10. Tulisan Ki Hadjar Dewantara yang menggemparkan pemerintah Belanda berjudul Als Ik Eens Nederlander was ( andaikan aku seorang Belanda). Tulisan itu membuatnya dipenjara. 
11. Tulisan tersebut merupakan reaksi terhadap rencana pemerintah Belanda mengadakan perayaan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari penindasan Perancis yang akan dirayakan pada bulan November 1913 dengan memungut biaya secara paksa kepada rakyat.
12. Lalu bersama dengan Doewes Dekker dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo dia diasingkan ke Belanda.

Kaba Berita, Payakumbuh, Tanya - 12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara - Disetiap tanggal 2 Mei yaitu Hari Pendidikan Nasional, kita selalu Mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Beliau meletakkan pondasi kuat untuk pendidikan di NKRI, dengan kata-katanya: Ing Ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani". Yang berartikan "di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan." Berikut Kaba Berita Akan Memberikan 12 Fakta Dibalik Ki hajar Dewantara secara singkat :