5-Cara-Mencegah-Sakit-Jantung-Ini-Harus-Anda-Ketahui

5 Cara Mencegah Sakit Jantung Ini Harus Anda Ketahui

Khususnya untuk orang yang sudah mulai memasuki usia lanjut, cara mencegah sakit jantung tentu harus dipahami. Apalagi penyakit tersebut sangat mudah menyerang orang – orang berusia lanjut. Bahkan ada juga yang menyerang anak – anak muda.

Jantung memiliki peran sangat penting dalam tubuh. Tanpa organ tersebut, Anda tidak akan bisa hidup. Sehingga sangat penting menjaga kesehatannya agar tetap hidup dan tidak menderita berbagai penyakit lainnya.

Biasanya sakit ini timbul karena faktor gen atau keturunan. Namun juga tidak dapat dipungkiri bahwa faktor lainnya adalah faktor pola hidup kurang baik. Sehingga seharusnya Anda bisa melakukan beberapa cara mencegah sakit jantung terlebih dahulu sejak muda.

Jika Anda tidak tahu kebiasaan atau pola hidup seperti apa yang seharusnya dilakukan agar tidak menderita penyakit tersebut, coba pahami dan terapkan beberapa pola hidup seharusnya.

5 Cara Mencegah Sakit Jantung

Sebagai organ paling penting dalam hidup, jantung memang memegang kunci hidup dan mati. Kebanyakan kini orang tua di Indonesia meninggal karena hal tersebut, sehingga sebaiknya Anda mencoba melakukan tindakan pencegahan sejak awal.

Meskipun kebanyakan penyakit ini terjadi karena faktor genetika, namun sebaiknya Anda tidak menyerah terlebih dahulu. Coba lakukan beberapa hal berikut ini meskipun terdapat keturunan sakit jantung atau tidak.

  1. Berolahraga teratur

Olahraga memang sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap kesehatan. Dengan olahraga, maka Anda akan memiliki organ yang sehat dan berdetak dengan baik. Tanpa olahraga maka jantungnya akan menjadi lemah sehingga mudah kelelahan saat aktivitas.

Olahraga sebagai salah satu cara mencegah sakit jantung perlu dilakukan dengan ringan atau berat. Jika Anda sudah berpotensi memiliki penyakit tersebut, sebaiknya coba lakukan tindakan pencegahan dengan olahraga ringan saja.

  1. Kelola stress

Selain itu stress juga berpengaruh besar dalam memperparah penyakit ini. Mungkin kebanyakan orang merasa stress tidak menjadikan seseorang sakit. Namun sebenarnya stress sangat mempengaruhi, apalagi jika stressnya dengan cara memendam masalah.

BACA JUGA:  Pentingnya Vitamin B12 Untuk Tubuh Kita

Penting sekali untuk mengelola stress sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit ini. Anda bisa mencoba menyalurkan stress dengan sibuk bekerja atau lainnya.

  1. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat juga akan mempengaruhi kesehatan jantung. Jangan terlalu sering konsumsi makanan tidak sehat apalagi yang tidak mengandung vitamin dan zat penting lainnya.

Makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi adalah daging, ikan, sayuran dan buah – buahan. Kemudian cara memasaknya juga tidak boleh sembarangan agar terus menjaga kandungan – kandungan di dalamnya.

  1. Tidur dengan waktu cukup

Cara mencegah sakit jantung lainnya bisa dilakukan dengan tidur cukup. Biasanya jika terlalu banyak begadang hanya akan membesarkan potensi terjadinya penyakit ini. Jika bisa tidurlah dengan waktu sekitar 6 sampai 8 jam.

Anda pasti pernah mendengar kasus orang meninggal secara tiba – tiba karena serangan ini. Hal itu bisa saja terjadi karena kondisi organ terlalu lemah dan kurang istirahat. Sehingga sebaiknya istirahat yang cukup dan lakukan kebiasaan baik dalam hidup.

  1. Hindari kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan buruk seperti terlalu banyak merokok, terlalu banyak minum minuman beralkohol, dan makan makanan banyak lemak. Sebenarnya untuk menjaga kesehatan organ ini sangatlah mudah. Hanya saja kebanyakan orang tidak mencoba pola hidup sehat.

Setelah memahami berbagai cara untuk mencegah penyakit ini, Anda harus benar – benar menerapkannya dalam kehidupan. Baik memiliki gen sakit jantung atau tidak, semua cara mencegah sakit jantung ini tetap harus dilakukan.