Apa-Itu-Virtual-Reality-(VR)?-Kenali-Juga-Fungsinya-di-Sini

Apa Itu Virtual Reality (VR)? Kenali Juga Fungsinya di Sini

Virtual Reality (VR) tergolong salah satu teknologi terbaru yang banyak digunakan dalam dunia game. Apakah Anda sudah pernah melihat orang lain menggunakan VR?

Virtual Reality sendiri digunakan sebab mampu menghadirkan pengalaman nyata bagi para pengguna. Tentu pengalamannya sangat berbeda dengan bermain game di layar smartphone maupun layar komputer.

Jika belum pernah melihat, mungkin Anda pernah melihatnya di internet, televisi, drama maupun film. Anda juga dapat merasakan pengalaman tersebut dengan membeli peralatannya melalui marketplace maupun e-commerce.

Mengenal Lebih Dekat Virtual Reality (VR)

Karena Virtual Reality ialah teknologi yang umum dipakai dalam dunia game, banyak developer game berupaya melakukan inovasi. Sehingga penggunaan VR dalam game semakin optimal dari waktu ke waktu.

Virtual Reality (VR) sendiri ialah teknologi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan di dalam dunia virtual di mana disimulasikan oleh komputer. Melalui teknologi tersebut, pengguna dapat merasakan pengalaman lebih nyata di lingkungan itu.

Apabila menggunakan Bahasa Indonesia, Anda dapat menyebut istilahnya dengan realitas maya. Tahukah Anda jika teknologi ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1980-an?

Pada saat 1985, Jaron Lanier sebagai pelopor modern di bidang teknologi mendirikan perusahaan VPL Riset. Ia kemudian mempelopori dan menciptakan goggle serta sarung tangan untuk keperluan penggunaan VR.

Jika teknologi tersebut sudah ada sejak tahun 1980-an, lantas mengapa baru populer beberapa tahun terakhir? Sebab, adanya perubahan zaman yang membuat orang-orang memperoleh kemudahan dalam mengakses beragam jenis teknologi.

Di zaman sekarang, siapa saja bisa mengakses Virtual Reality (VR) dengan membeli peralatannya seperti goggle cukup melalui marketplace atau e-commerce. Tidak perlu kebingungan mencari toko di dunia yang menjual peralatannya secara offline.

BACA JUGA:  Mengenal Robotic Process Automation (RPA) dan Manfaatnya

Teknologi ini begitu canggih dan modern. Bukan hanya dapat digunakan dalam dunia game, namun juga bidang lainnya. Misalnya saja digunakan dalam perusahaan untuk menjalankan aktivitas karyawan.

Teknologi ini juga mampu menghadirkan kesenangan bagi para penggunanya. Misalnya saja seperti dalam video dokumenter berjudul “Meeting You”. Video dokumenter tersebut mengisahkan seorang ibu yang dapat berjumpa lagi dengan anaknya.

Meskipun anaknya sudah meninggal, sang Ibu bisa berjumpa lagi melalui VR. Video dokumenter menunjukkan bahwa Virtual Reality mampu menjadi pengalaman menyenangkan terlepas dari dunia nyata.

Beragam Fungsi Virtual Reality Selain Game

Virtual Reality (VR) memang paling banyak digunakan dalam bermain game. Namun, ada pula fungsi lainnya yang dapat diandalkan dari teknologi tersebut, seperti dalam ulasan di bawah ini.

  1. Melaksanakan Rapat

Fungsi pertama ialah menjalankan rapat dalam perusahaan atau start up. Melalui teknologi ini, rapat dapat diselenggarakan dengan dihadiri oleh karyawan dari mana saja dan kapan saja. Karyawannya tidak harus hadir secara fisik di kantor perusahaan.

Selain memudahkan keikutsertaan karyawan dalam rapat secara online, VR juga mampu menunjukkan avatar masing-masing anggota rapat. Sehingga emosi maupun raut wajahnya bisa terlihat dalam rapat.

  1. Menghemat Biaya

Penggunaan Virtual Reality mungkin terbilang mahal karena peralatannya tidak murah. Akan tetapi, sejumlah perusahaan menganggapnya sebagai investasi. Sebab mampu menghemat biaya operasional kantor dalam jangka panjang.

Perusahaan tidak harus menyewa gedung untuk dijadikan kantor. Kemudian juga tidak perlu menyediakan biaya transportasi untuk para karyawannya. Cukup menyediakan alat pendukung VR, pekerjaan bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja.

  1. Training atau Pelatihan

Virtual Reality juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan training atau pelatihan. Contohnya saja simulasi operasi bagi para dokter. Bisa pula untuk simulasi penerbangan pesawat bagi para pilot ketika masa pelatihan.

BACA JUGA:  Contoh Penerapan Internet of Things (IoT) di Berbagai Bidang

Jadi, Virtual Reality bukan sekedar bermanfaat dalam permainan atau game. Namun juga berguna dalam beragam jenis pekerjaan. Sehingga Virtual Reality (VR) sangat membantu aktivitas manusia sehari-hari.