Artificial-Intelligence-(AI),-Ini-Contoh-Penerapannya!

Artificial Intelligence (AI), Ini Contoh Penerapannya!

Apakah Anda sudah akrab dengan istilah Artificial Intelligence (AI)? Teknologi ini sebenarnya sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang. Namun, mungkin saja belum semua orang menyadarinya.

AI atau kecerdasan buatan sangat membantu aktivitas manusia sehari-hari. Dalam film juga banyak bertebaran teknologi yang mengusung konsep kecerdasan buatan. Sehingga penemuan tersebut terasa familiar.

Jangan memandang kecerdasan buatan terbatas pada asisten virtual seperti Jarvis di film Iron Man yang berbentuk robot. AI lebih luas dari bentuk robot dan mampu memberikan respon mirip dengan manusia.

Berkenalan dengan Artificial Intelligence (AI)

Sekarang ini hampir seluruh perangkat komputer menerapkan teknologi kecerdasan buatan. Misalnya saja berupa asisten virtual Google atau Siri. Teknologi ini diperkirakan akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Makna dari Artificial Intelligence (AI) sendiri ialah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Kemudian dimodelkan ke dalam mesin dan diprogram sehingga mampu berpikir mirip manusia.

Anda juga bisa memaknainya sebagai aktivitas penyediaan mesin seperti komputer yang mempunyai kemampuan dalam menampilkan perilaku serupa manusia. Jadi, bisa dianggap mesin tersebut mempunyai kecerdasan serupa dengan manusia.

Artificial Intelligence (AI) merupakan sistem komputer yang mampu menjalankan pekerjaan di mana pada umumnya membutuhkan tenaga atau kecerdasan manusia. Sehingga proses penyelesaian pekerjaannya menjadi lebih praktis.

Teknologi ini membutuhkan data untuk kemudian dijadikan pengetahuan, mirip dengan manusia. Diperlukan pengalaman dan data sehingga kecerdasannya meningkat. Pembelajaran kecerdasan buatan ialah learning, reasoning dan self correction.

Artificial Intelligence perlu belajar supaya mampu memperkaya pengetahuannya. Proses belajarnya tidak membutuhkan perintah. Melainkan berbekal pengalaman ketika dipakai oleh manusia.

BACA JUGA:  Teknologi Autonomous Car, Kenali 5 Levelnya

Hal menarik dari teknologi ini ialah adanya kemampuan self correction atau koreksi diri sendiri. Manusia menjadikannya terus belajar dan membenahi diri sendiri atas kesalahan yang sudah dibuat.

Jika masih kebingungan dengan cara kerja AI, mari menyimak contoh AlphaGo. Ketika pertama kali dikembangkan, AlphaGo diberi 100 ribu data pertandingan Go untuk dipelajari.

Lantas, AlphaGo akan bermain Go bersama dirinya sendiri. Kemudian, begitu ia kalah, ia akan memperbaiki sendiri caranya bermain sampai mampu menang. Proses bermain ini akan berulang sampai jutaan kali.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan sudah banyak diterapkan dalam beragam bidang seperti industri, pendidikan hingga bisnis. Misalnya saja DeepFace Facebook, rekomendasi e-commerce dan asisten virtual.

  1. DeepFace Facebook

Salah satu contoh penerapan kecerdasan buatan ialah DeepFace Facebook yang berguna dalam mengenali wajah orang pada postingan foto. Melalui DeepFace Facebook, pengguna tidak perlu menandai akun seseorang pada foto menggunakan cara manual.

Cukup menyerahkan urusan tersebut pada DeepFace Facebook. Kecerdasan buatan tersebut mampu bekerja karena sudah dilatih menggunakan data. Salah satu datanya diperoleh ketika Anda menandai orang di foto sebelumnya.

  1. Rekomendasi E-Commerce

Mungkin Anda kerap melihat hasil kerja Artificial Intelligence (AI) pada aplikasi E-Commerce. Saat Anda pernah berbelanja melalui E-Commerce, maka AI akan memunculkan rekomendasi produk serupa pada aplikasi tersebut.

Ai mampu memperoleh data dari aktivitas Anda ketika mencari produk, membeli produk maupun melihat produk. Lantas, datanya diproses dan diolah menjadi rekomendasi produk untuk Anda.

  1. Asisten Virtual

Ada banyak sekali contoh asisten virtual yang ada di dunia. Sebut saja Google assistant, Siri atau Alexa. Asisten virtual bisa diajak berkomunikasi atau berinteraksi hingga membantu mencatat informasi seperti acara.

BACA JUGA:  Keunggulan Jaringan 5G yang Lebih Baik dari Jaringan 4G

Asisten virtual juga mampu menjalankan perintah seperti mengirim pesan, memutar musik, membuka aplikasi dan lain sebagainya. Asisten virtual akan senantiasa belajar berdasarkan pengalaman ketika Anda gunakan.

Kecerdasan buatan membantu beragam aktivitas manusia seperti interaksi hingga bekerja. Artificial Intelligence (AI) akan terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga kualitasnya semakin membaik.