Beberapa-Skill-Saat-Menjadi-Konsultan-SEO-yang-Perlu-Dimiliki

Beberapa Skill Saat Menjadi Konsultan SEO yang Perlu Dimiliki

Apakah Anda tertarik menjadi konsultan SEO? Menjalankan bisnis sebagai konsultan SEO mungkin bagi banyak orang, terutama yang tidak terlalu tertarik dengan teknologi digital dianggap sebagai hal asing.

Tapi, bagi seseorang yang berkecimpung di dunia website, tentu tidak asing dengan penyedia layanan satu ini. Seorang konsultan SEO akan membantu pemilik website supaya konten yang dibuat masuk pada halaman utama mesin pencarian.

Ketika konten masuk pada halaman utama, akan meningkatkan traffic pengunjung. Tidak semua pemilik situs mengetahui teknik ini, sehingga memerlukan konsultan. Ada beberapa skill konsultan SEO yang penting dimiliki sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut.

Inilah Beberapa Skill yang Perlu Dimiliki Saat Menjadi Konsultan SEO

Sebagai seorang konsultan SEO, perlu mempunyai skill khusus mumpuni untuk memberikan kepuasan kepada para klien. Sebelum membuka layanan konsultasi SEO, penting untuk memahami skill ini, meliputi:

  1. Melakukan Optimasi

Skill saat menjadi konsultan SEO pertama yang perlu dimiliki yaitu melakukan optimasi. Ada banyak hal perlu dilakukan saat proses opstimasi. Diantaranya membuat struktur HTML, memastikan pembuatan konten berkualitas dan tidak melupakan gambar.

Selain itu, perlu juga memperhatikan meta data, memastikan internal link sudah disisipkan dan mengecek kecepatan loading saat mengakses halaman situs. Berbagai aspek ini penting dikuasai bila Anda tertarik untuk bekerja sebagai konsultan SEO profesional.

  1. Riset Keyword

Skill penting dipunyai berikutnya adalah melakukan riset keyword atau kata kunci. Pekerjaan satu ini berkaitan erat dengan mesin pencarian Google. Keyword yang banyak dicari pengguna berperan penting dalam proses penampilan informasi.

BACA JUGA:  Berbagai Skill Sosial Media Spesialis yang Penting Dipunyai

Kondisi inilah penyebab pemilihan keyword dalam sebuah konten website itu sangat penting. Tujuannya supaya muncul pada halaman utama pencarian, sehingga lebih banyak di akses oleh para pengunjung.

  1. Membuat Konten

Sebaiknya saat menjadi konsultan SEO, Anda juga perlu memiliki kemampuan dalam pembuatan konten. Bahkan banyak konsultan yang sebelumnya menjadi penulis konten terlebih dahulu.

Walaupun profesinya sebagai spesialis, akan lebih meyakinkan bila mampu menerapkannya, bukan hanya sekadar menyampaikan teori. Sebab, hasil akhirnya nanti seorang konsultan juga harus mampu menilai konten yang bagus.

Bukan hanya dari strukturnya saja tapi juga tingkat kenyamanan saat dibaca. Ketika ada aspek-aspek tertentu yang perlu diubah, akan sulit bila cara pembuatan konten bahkan penerapannya saja tidak mampu.

  1. Melakukan Analisa

Konsultan SEO harus mampu melakukan analisa karena inilah salah satu tugasnya. Analisa dimaksud mencakup berbagai aspek, seperti asal traffic pengunjung website muncul dan volume tepat dalam pemilihan keyword.

Menjadi konsultan SEO juga penting mampu memahami apakah konten yang dibuat susah sesuai harapan atau belum. Skill analisa seperti ini memerlukan jam terbang, sehingga upayakan untuk terus melakukan praktik dan selalu upgrade kemampuan.

  1. Membuat Tautan Link

Skill terakhir adalah membuat tautan link. Penting dipahami bahwa mesin pencarian Google tidak hanya mempertimbangkan konten berkualitas saja yang nantinya akan diletakkan pada halaman utama.

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk disisipkan adalah tautan atau link. Jadi, nantinya link ini ditautkan ke situs lain. Hal seperti ini akan membuat website yang Anda kelola menjadi lebih terpercaya.

Selain itu juga mampu meningkatkan ranking atau peringkat mesin pencarian. Untuk metode seperti ini dapat dilakukan secara organik maupun berbayar. Sebagai seorang konsultan SEO, harus paham mengenai aspek-aspek pendukung ranking seperti ini.

BACA JUGA:  Tips Menjadi Influencer Instagram Agar Mendapatkan Keuntungan

Jadi, jangan asal membuka bisnis konsultasi Search Engine Optimization. Pastikan Anda benar-benar memiliki skill mumpuni supaya klien merasa puas dengan pelayanan yang diperoleh. Sebab, modal utama menjadi konsultan SEO adalah skill mumpuni.