Cara-Buat-Konten-YouTube-yang-Menarik-untuk-Pemula

Cara Buat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang buat konten YouTube baik itu sebagai sumber penghasilan utama maupun sampingan. Hal ini karena semakin banyaknya jumlah pengguna YouTube.

Dibandingkan konten berupa tulisan, video jauh lebih menarik perhatian dan diminati. Salah satu platform penyedia konten video dengan beragam topik pembahasan adalah YouTube. Walaupun tampaknya membuat video itu mudah, kenyataannya tidak demikian.

Tidak heran bila banyak akun YouTube yang dikerjakan oleh tim, mulai dari talent, kameramen hingga editor. Bagi sebagian pemula, membuat video YouTube yang menarik perhatian banyak orang dianggap sulit. Bila Anda salah satunya, simak uraian tata cara berikut.

Inilah Tata Cara Buat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Apakah Anda tertarik untuk membuat konten di YouTube tapi bingung bagaimana cara memulainya? Bila iya, ikuti tata cara berikut ini supaya konten yang dibuat memiliki sajian tampilan menarik:

  1. Menentukan Strategi

Langkah pertama buat konten YouTube adalah menentukan strategi. Sangat penting memahami strategi apa yang ingin digunakan. Pahami video seperti apa yang ingin dibuat, apakah berbentuk vlog, talk show, tutorial, reaction atau lainnya.

Kemudian ketahui siapa kira-kira yang akan menonton video Anda. Pertimbangan beberapa hal sebelum memutuskan membuat konten di platform satu ini. Antara lain menentukan audience, niche atau kategori serta menciptakan ciri khas tersendiri.

  1. Tentukan Ide serta Topik

Setelah mengetahui sasaran penonton yang dituju dan bentuk konten, tentukan ide serta topik. Untuk mengawali pembuatan video YouTube apalagi bagi pemula, banyak yang bingung dalam proses menentukan ide ini.

BACA JUGA:  Tips Jual Produk di Marketplace Supaya Menarik Banyak Pembeli

Supaya proses penentuan ide lebih mudah, Anda bisa mencoba menyusun sketsa sederhana terhadap berbagai ide yang muncul di kepala. Mulai dari ide yang sifatnya umum hingga lebih spesifik.

  1. Siapkan Peralatan

Sesudah mendapatkan ide dan topik video, langkah buat konten YouTube berikutnya siapkan peralatan. Sebagai pemula tidak harus menggunakan peralatan mahal. Anda bisa merekamnya memakai kamera DSLR sederhana atau HP.

Terpenting, buat konten yang mudah dipahami audience, jelas dan pesan mampu tersampaikan dengan baik. Seiring semakin berkembangnya akun YouTube dan memiliki budget lebih, bisa membeli alat tambahan seperti tripod, microphone dan lainnya.

  1. Siapkan Unsur Pra Produksi

Sebelum mulai merekam, siapkan terlebih dahulu beberapa unsur pra produksi, seperti naskah, daftar shot, talent, story board, lokasi, anggota tim di belakang kamera hingga anggaran. Unsur-unsur seperti ini akan mendukung hasil perekaman nantinya.

  1. Proses Perekaman

Sekarang waktunya melakukan proses perekaman atau produksi. Rekam berbagai gambar yang ingin disajikan nantinya kepada audience. Untuk itulah pada proses perekaman biasanya lebih membutuhkan waktu lama.

  1. Editing Video

Setelah selesai merekam, supaya tampilan video tampak lebih menarik, Anda bisa melakukan editing. Mulai dari menyatukan beberapa video menjadi satu, memasukkan audio relevan, menambahkan background, tulisan dan lain-lain.

Buat konten YouTube dengan tampilan akhir semenarik mungkin cukup terbantu oleh tahapan editing ini. Supaya tampilan konten menarik, jangan lupakan setiap bagiannya, dimulai dari pembukaan, isi hingga penutup.

  1. Mengunggah Video

Anda bisa mengunggah video ke YouTube bila sudah selesai melakukan proses editing. Jangan asal unggah, sebaiknya pertimbangkan pembuatan judul menarik, pemakaian tampilan thumbnail unik dan mencantumkan penjelasan singkat pada bagian deskripsi.

  1. Share dan Promosikan

Tahapan terakhir setelah video berhasil diunggah adalah membagikan dan mempromosikan kepada orang lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah penonton. Upaya promosi bisa melalui sosial media, seperti IG, FB, Twitter atau TikTok.

BACA JUGA:  Beberapa Skill Saat Menjadi Konsultan SEO yang Perlu Dimiliki

Walaupun terlihat mudah, membuat video YouTube dengan banyak viewer cukup sulit dilakukan, apalagi bagi pemula yang bukan termasuk kategori influencer. Tapi, ketika terus konsisten buat konten YouTube dan tidak mudah menyerah, hasil tidak akan mengkhianati.