Cara-Mencegah-Penyakit-Katarak-Ini-Ternyata-Mudah-Dilakukan

Cara Mencegah Penyakit Katarak Ini Ternyata Mudah Dilakukan

Pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah penyakit katarak seharusnya dipahami oleh banyak orang. Di Indonesia sudah banyak penderitanya karena tidak tahu bagaimana cara mencegahnya sejak awal. Sehingga sebaiknya pengetahuan ini disebar secara luas.

Masalah penglihatan biasanya memang terjadi di usia tua, meskipun dalam kasus tertentu juga terdapat anak – anak muda yang mengalaminya. Tetapi masalah penglihatan memang bisa menyerang siapa saja tanpa diduga. Selain itu juga dapat menghalangi aktivitas sehari – hari.

Sehingga cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan melakukan pencegahan sejak awal. Jika Anda masih belum tahu bagaimana tindakan yang bisa mencegah katarak, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang bagaimana cara mencegah penyakit katarak dan terapkan.

Jika sudah mengetahui bagaimana caranya, jangan sampai timbul rasa malas untuk melakukannya. Hal ini karena kebanyakan orang – orang tidak berhasil mencegah sebuah penyakit di dalam tubuhnya karena malas melakukan beberapa tindakan pencegahan.

5 Cara Mencegah Penyakit Katarak

Katarak merupakan sebuah penyakit yang mengganggu penglihatan. Biasanya disebabkan oleh kadar gula darah tinggi dalam tubuh sehingga merambat ke mata. Penderitanya biasanya merasakan kesulitan melihat seperti ada kabut menghalangi di dalam matanya.

Agar bisa terhindar dari sakit ini, sebaiknya Anda melakukan upaya untuk mencegahnya. Inilah beberapa cara mencegahnya.

  1. Periksa kondisi mata

Kondisi mata perlu diperiksakan secara rutin sebagai salah satu upaya dalam mencegahnya. Memeriksa kondisi mata sebaiknya langsung pada ahlinya yaitu dokter mata. Meskipun Anda tidak merasakan ada keanehan dengan penglihatan, tetap saja sebainya rutin diperiksakan.

BACA JUGA:  Waspada Gagal Ginjal Pada Anak Kita

Rutin memeriksakan mata ini memiliki tujuan yaitu agar dapat mengetahui kondisinya dan bisa lebih awal memahami apakah ada kemungkinan terjadi katarak. Jika mengetahuinya sejak awal, tentu Anda akan lebih berhati – hati dalam menggunakan penglihatan dan menjaga kesehatan.

  1. Lindungi penglihatan

Melindungi penglihatan juga merupakan bagian dari cara mencegah penyakit katarak. Lindungi penglihatan Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Caranya adalah dengan menggunakan kaca mata hitam atau tidak menatap ke langit saat siang hari.

Selain itu lindungi juga penglihatan dari sinar lainnya, misalnya sinar dari layar HP atau laptop. Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan melihat HP atau laptop dari jarak dekat. Hindari juga menatap layar dengan kondisi ruangan gelap.

  1. Konsumsi makanan sehat

Kemudian coba konsumsi makanan sehat, misalnya sayur dan buah – buahan. Lebih baik lagi jika Anda konsumsi sayuran dan buah – buahan yang memiliki manfaat bagus untuk mata. Misalnya konsumsi sayur wortel dan buah – buahan seperti tomat.

Mengonsumsi makanan sehat seperti itu juga akan sangat membantu dalam melindungi penglihatan dari berbagai penyakit.

  1. Kurangi kebiasaan merokok

Anda juga bisa melakukan cara mencegah penyakit katarak lainnya seperti mengurangi kebiasaan merokok. Merokok juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang berujung menyebabkan gangguan pada penglihatan.

Mengurangi kebiasaan merokok ini tidak hanya berlaku pada laki – laki saja, namun juga pada perempuan yang memiliki kebiasaan tersebut.

  1. Kurangi kebiasaan minum alkohol

Selain rokok, juga terdapat kebiasaan lainnya yang harus dikurangi. Kebiasaan tersebut adalah meminum alcohol. Alcohol memiliki kandungan yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Sehingga tentu saja akan menyebabkan masalah penglihatan seperti katarak.

BACA JUGA:  Hidrometeorologi Masih Mengancam Jatim, Warga Diminta Siap Siaga

Baik anak – anak muda atau orang berusia lanjut harus menyadari bahwa penyakit bisa datang kapan saja. Sehingga penting hidup sehat dengan melakukan beberapa cara mencegah penyakit katarak tersebut.