Cara Mendaftar--Cara-Untuk-Mendapatkan-Set-Top-Box-Gratis-Dari-Pemerintah

Cara Mendaftar Untuk Mendapatkan Set Top Box Gratis Dari Pemerintah

Dimulai sejak tanggal 2/11/2022, Pemerintah telah menetapkan dan meresmikan untuk mematikan siaran televisi analog. Mungkin ini adalah bagian dari salah satu program pemerintah. Bukan hanya memtaikan siaran analog saja pemerintah juga memahami keluhan dari masyarakat. Untuk menggantikan kompensasi dari penutupan siaran analog. Pemerintah juga membagikan dan mendistribusikan  Set Top Box (STB) sacara gratis.

Dengan perubahan siaran dari analog ke digital tentunya masyarakat membutuhkan satu alat untuk mendukungnya. Alat itu di sebut Set Top Box. Dengan alat inilah tv lama atau tv yang masih analog bisa menikmati siaran digital.

Beginilah Cara untuk mendapatkan Set Top Box Gratis.

Program bantuan set top box gratis berasal dari Lembaga non pemerintahan dan juga dari pemerintah itu sendiri.

Inilah rincianya:

Stb jumlah 4.330.760 unit.

Ini berasal dari Lembaga penyiaran swasta (LPS) atau Penyelenggara multipleksing.

Stb Jumlah 1.129.574 unit.

Ini berasal dari pemerintah khususnya dari KOMINFO.

Jumlah total stb yang akan didistribusikan kepada masyarakat sebanyak 5.535.544 unit.

Dari data distribusi stb nasional terhitung pada tanggal 3/11/2022. Sudah disalurkan ke masyarakat sebanyak 1.129.574 unit.

Untuk masyarakat jika ingin mengecek apakah mendapatkan  atau tidak, dan juga bagi masyarakatyang ingin mendapatkan bantuan STB, sebagai berikut:

Syarat untuk mendapatkan STB gratis

РTermasuk kedalam golongan kelompok miskin ekstrim. Yang sudah terdaftar di data DTKS kementrian sosial. Dan     sudah diverifikasi dengan data P3KE atau data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim. Dari           Kemenko PMK Lalu untuk selanjutnya verifikasi dan validasi oleh PEMKAB DAN PEMKOT.

РPenerima bantuan ini berada di daerah yang terkena penutupan siaran analog. Dengan menyertakan identitas diri      dan mempunyai televisi analog.

BACA JUGA:  Beberapa Strategi Jasa Desain Grafis Agar Bisnis Berkembang

Apabila anda adalah salah satu yang termasuk dari kriteria diatas namun belum juga mendapatkan bantuan STB, silahkan anda ikuti caranya seperti ini.

Mekanisme untuk magajukan bantuan STB gratis:

  1. Kunjungi website ini https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  2. Masukan NIK dan isikan kode capta yang tersedia.
  3. Klik pada menu Pencarian.
  4. Jika nama anda termasuk di dalam daftar penerima bantuan, Anda langsung menghubungi 159 Call Center Atau segera dating ke  Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB, Dengan menujukan KTP dan KK asli.
  5. Jika tidak bisa membuka situs cek bansos stb di atas, Dapat menghubungi call center atau nomor posko bantuan STB langsung.

Itulah tata cara dan syarat untuk mendapatkan bantuan SET TOP BOX GRATIS dari pemerintah.