Contoh-Penerapan-Internet-of-Things-(IoT)-di-Berbagai-Bidang

Contoh Penerapan Internet of Things (IoT) di Berbagai Bidang

Internet of Things (IOT) sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, sudahkah Anda menyadarinya? Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol beragam perangkat di rumah menggunakan smartphone.

Teknologi ini mampu menghubungkan beragam perangkat menggunakan internet. Sehingga pengguna bisa menjalankan kontrol dari mana saja dan kapan saja. Tidak harus bersinggungan secara langsung dengan perangkatnya.

Tidak terbatas pada kontrol, IoT juga membantu dalam mengumpulkan data. Biasanya kemampuan tersebut dimanfaatkan dalam urusan bisnis. Sehingga pengambilan keputusan dapat dijalankan dengan lebih optimal.

Berkenalan dengan Teknologi Internet of Things (IoT)

Mari berkenalan dahulu dengan Internet of Things. Yakni sebuah konsep di mana beragam perangkat bersensor saling tersambung melalui internet untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Aktivitas ini dapat berjalan tanpa bantuan komputer atau manusia.

Proses transfer data ini dijalankan dengan menggunakan beragam jenis teknologi. Contohnya saja sensor, QR Code, sampai Radio Frequency Identification (RFID) yang terpasang pada perangkat.

Ketika teknologi tersebut mampu menghubungkan beragam perangkat menggunakan koneksi internet, aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah dijalankan. Berbeda dengan aktivitas yang dilakukan secara manual.

Alasannya ialah karena perangkat yang terkoneksi mampu mengumpulkan dan menganalisa data guna menjalankan perintah dari Anda secara otomatis. Contoh paling akrab dari teknologi ini ialah sistem smart home.

Ketika berkaitan dengan bisnis, Internet of Things (IOT) umumnya dipakai dalam mengumpulkan beragam data. Contohnya saja data aktivitas pelanggan, kinerja mesin hingga perubahan stok produk.

Beragam data tersebut nantinya diolah untuk dijadikan insight yang membantu dalam pengambilan keputusan. Contohnya saja untuk mengembangkan fitur baru di mana mampu menunjang user experience dan keputusan terkait inovasi produk baru.

BACA JUGA:  Artificial Intelligence (AI), Ini Contoh Penerapannya!

Internet of Things berkerja dimulai dari sensor. Jadi, awalnya sensor akan mendeteksi dan mengumpulkan data atau informasi. Contohnya saja sensor mendeteksi QR Code yang menampilkan data pembayaran dari rekening pelanggan.

Kemudian, sensor akan mengirimkan data pembayarannya ke cloud atau server. Cloud lantas menyimpan dan memproses data pembelian memakai Artificial Intelligence atau Machine Learning.

Hasil pengolahan datanya akan merumuskan keputusan secara otomatis untuk perangkat menggunakan sambungan internet. Contohnya menunjukkan data histori pembelian produk dan tren preferensi pelanggan.

Contoh Penerapan Internet of Things (IoT)

Internet of Things dapat diterapkan dalam beragam bidang. Mulai dari bidang kesehatan, transportasi, pertanian hingga bisnis. Berikut ini contoh penerapan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bidang Kesehatan

IoT sudah dapat diterapkan dalam bidang kesehatan. Seperti dalam alat perekam kesehatan pasien otomatis. Contohnya berupa alat perekan detak jantung dan tingkat gula darah.

Alat perekamnya dipasang ke tubuh pasien di rumah sakit kemudian dokter bisa memantau dari mana saja. Tatkala detak jantung atau tingkat gula darahnya mencapai batas tertentu, alat perekamnya akan mengirimkan sinyal darurat.

  1. Bidang Transportasi

Internet of Things (IOT) juga dapat diimplementasikan dalam bidang transportasi. Misalnya ialah teknologi pada sistem keamanan mobil pintar. Contohnya ialah dalam sistem parkir pintar yang mampu mendeteksi jarak mobil dengan suatu objek.

Saat mobil sedang diparkir, sensor akan berbunyi begitu jaraknya semakin dekat dengan objek. Jadi, mampu menghindari adanya tabrakan secara otomatis. Bisa pula dalam sistem keamanan lainnya seperti sensor pendeteksi kerusakan rem, gas atau ban.

  1. Bidang Pertanian

Cukup banyak sistem yang disisipi dengan Internet of Things pada bidang pertanian. Misalnya saja teknologi pendeteksi curah hujan dan kondisi tanah pertanian. Keduanya berguna dalam mengumpulkan dan mengolah data untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

  1. Bidang Bisnis

Selanjutnya ada bidang bisnis yang penerapan IoT sangat membantu dalam proses otomatisasi layanan. Sehingga mampu memudahkan pelanggan dalam pembelian produk. Misalnya saja QR Code Payment, Chatbot Website hingga Barcode.

BACA JUGA:  Keunggulan Jaringan 5G yang Lebih Baik dari Jaringan 4G

IoT sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang sehingga memudahkan aktivitas manusia sehari-hari. Karena begitu bermanfaat, tidak ada salahnya Anda juga mencoba teknologi Internet of Things (IOT).