Daftar-Teknologi-Tercanggih-dan-Terbaru,-Sudahkah-Anda-Tahu?

Daftar Teknologi Tercanggih dan Terbaru 2022, Sudahkah Anda Tahu?

Apakah Anda tahu apa saja teknologi tercanggih dan terbaru yang sudah digunakan di tahun 2022? Ada banyak sekali penemuan baru yang mulai dipakai oleh masyarakat luas sehingga mampu membantu aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya sejak zaman dahulu sudah ada beberapa orang yang berupaya mengembangkan teknologi. Sebagian penemuan mereka mulai populer di masa sekarang lantas semakin banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai negara.

Mungkin sebenarnya Anda sendiri juga sudah menggunakan beberapa penemuan tersebut namun belum menyadarinya. Jadi, mari simak seputar teknologi di sini supaya tidak ketinggalan informasi paling baru.

Daftar Teknologi Tercanggih dan Terbaru di Era Modern

Di era modern seperti sekarang, teknologi semakin berkembang untuk memudahkan kehidupan manusia sehari-hari. Karena kebutuhan semakin berkembang, maka teknologinya juga senantiasa berkembang.

Teknologi tidak mungkin berhenti berkembang begitu saja. Di masa mendatang, akan semakin banyak penemuan baru yang semakin memudahkan aktivitas manusia sehari-hari. Sekarang mari simak dahulu teknologi yang sudah hadir di tahun 2022.

  1. Virtual Reality (VR)

Salah satu teknologi tercanggih dan terbaru di masa sekarang ialah Virtual Reality atau VR. Virtual Reality banyak dipakai dalam dunia game karena mampu menghadirkan pengalaman nyata bagi para penggunanya.

Penggunaan Virtual Reality sudah umum di masyarakat. Mungkin Anda pernah menjumpainya dalam film atau drama. Biasanya dipakai untuk bermain game, baik sendirian maupun bersama-sama.

Melalui Virtual Reality, pengguna bisa berinteraksi dengan lingkungan di dalam dunia virtual yang disimulasikan oleh komputer. Siapa saja sudah bisa mengakses Virtual Reality dengan membeli peralatannya melalui marketplace atau e-commerce.

Virtual Reality bukan hanya dipakai dalam keperluan bermain game. Namun juga untuk kebutuhan pekerjaan seperti melakukan rapat, menghemat bujet kantor, hingga training atau pelatihan.

  1. Robotic Process Automation atau disingkat RPA
BACA JUGA:  Transformasi NLP Dengan OpenAI Chat GPT

Teknologi tercanggih dan terbaru selanjutnya ialah Robotic Process Automation (RPA). Robotic Process Automation berguna dalam mengotomatiskan tugas sehari-hari, serupa dengan kecerdasan buatan.

Robotic Process Automation (RPA) ialah sebuah perangkat lunak di mana mampu menirukan klik mouse dan ketukan keyboard guna menuntaskan proses pekerjaan. RPA dapat beroperasi sepanjang waktu, cepat dan presisi tinggi.

Banyak sekali manfaat dari Robotic Process Automation (RPA). Mulai dari menghemat waktu, menghemat biaya, meningkatkan kepuasan karyawan, fleksibel, berkualitas tinggi, akurat, produktivitas tinggi dan patuh terhadap aturan yang dibuat pengguna.

  1. Internet of Things (IoT)

Teknologi tercanggih dan terbaru bernama Internet of Things (IoT) sepertinya sudah familiar di telinga masyarakat. Internet of Things (IoT) memungkinkan pengguna untuk mengontrol beragam perangkat di rumah menggunakan smartphone.

Internet of Things (IoT) ialah konsep di mana beragam perangkat bersensor saling terhubung melalui internet guna mengumpulkan dan mentransfer data. Proses transfer datanya bisa memakai sensor, QR Code sampai Radio Frequency Identification (RFD) pada perangkat.

Banyak sekali contoh penerapan Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja alat perekam detak jantung, sistem keamanan mobil pintar, teknologi pendeteksi curah hujan, QR Code Payment, Chatbot Website dan lain sebagainya.

  1. Artificial Intelligence atau disingkat AI

Teknologi tercanggih dan terbaru berupa Artificial Intelligence (AI) sudah banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mampu memberikan respon mirip dengan manusia.

Makna dari Artificial Intelligence (AI) sendiri ialah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Lantas dimodelkan ke dalam mesin dan diprogram sehingga mampu berpikir mirip manusia.

Kecerdasan buatan sudah banyak diterapkan dalam beragam bidang seperti industri, pendidikan hingga bisnis. Misalnya saja DeepFace Facebook, rekomendasi e-commerce dan asisten virtual.

  1. Blockchain

Apakah Anda pernah mendengar Blockchain? Mereka yang berinvestasi mata uang kripto sepertinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu teknologi tercanggih dan terbaru tersebut.

BACA JUGA:  Cara Buat Studio Audio Streaming Dengan Harga Murah.

Blockchain membantu dalam penyimpanan atau bank data secara digital di mana tersambung dengan kriptografi. Block mempunyai arti kelompok sementara chain ialah rantai.

Jadi, teknologi ini menunjukkan pemanfaatan resource komputer guna menciptakan blok yang saling terhubung. Selanjutnya blok tersebut akan mengeksekusi sebuah transaksi. Blockchain dapat berjalan sendiri tanpa memerlukan algoritma komputer.

Blockchain mempunyai sejumlah keunggulan. Seperti sistem transaksi yang transparan, mempunyai proteksi data cukup baik, efisien, cepat, sistem audit lebih baik dan keamanan terjamin.

  1. Cloud Computing

Sebenarnya Cloud Computing sudah ada sebelum tahun 2022. Namun, belum semua orang menggunakan teknologi tercanggih dan terbaru ini. Padahal, Cloud Computing sangat bermanfaat dalam dunia bisnis mengingat keperluan akses data yang begitu besar.

Cloud computing ialah pengiriman beragam layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan hingga analitik melalui internet (cloud). Perusahaan bisa memanfaatkannya menggantikan pembelian software dan hardware.

Cloud Computing terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni ada Public Cloud, Private Cloud, Community Cloud, dan Hybrid Cloud. Cloud Computing mempunyai beragam manfaat seperti keamanan data, akses mudah, penyimpanan tidak terbatas hingga kemudahan kolaborasi.

  1. Jaringan 5G

Jaringan 5G ialah jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet jauh lebih tinggi dibandingkan jaringan sebelumnya. Anda pasti sudah tahu jaringan sebelumnya yang bernama 4G bukan?

Teknologi tercanggih dan terbaru bernama jaringan 5G ini mampu mendukung beragam aktivitas internet. Misalnya saja streaming video, mengunduh, mengunggah sampai bermain game online.

Jaringan 5G mempunyai beragam keunggulan. Seperti koneksi internet 10 kali lebih cepat, lebih banyak kapasitas, latensi rendah hingga hemat energi. Tidak heran apabila banyak orang yang menantikan jaringan 5G di Indonesia.

  1. Autonomous Car

Teknologi tercanggih dan terbaru selanjutnya ada dalam bidang otomotif. Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Autonomus Car? Yakni sebuah self-driving car di mana mobil bisa dikendalikan dengan sistem komputer.

BACA JUGA:  Menjelajahi Kemampuan OpenAI Chat GPT: Terobosan Baru Dalam Teknologi NLP

Autonomus Car mempunyai beberapa level. Ada level 0 di mana manusia akan memegang kendali sepenuhnya pada mobil berupa kemudi, rem dan gas. Sementara level paling tinggi yakni level 5, mobil sudah bisa melakukan semua tugas mengemudi.

  1. Cyber Security

Teknologi Cyber Security mempunyai fungsi mirip dengan keamanan offline. Cyber Security membantu dalam memelihara keamanan pengguna dan sistem komputernya. Tanpa keamanan siber, penipu di internet dapat mengambil keuntungan dengan mencuri informasi.

Ada beragam tipe Cyber Security. Seperti Cloud Security, Network Security, hingga Application Security. Tanpa adanya Cyber Security, uang pengguna internet bisa dicuri oleh penipu melalui internet.

Sementara jenis serangan siber juga sangat beragam. Mulai dari malware, ransomware, phising, hingga denial of service. Semua jenis serangan perlu dicegah dengan Cyber Security.

  1. Drone

Anda pasti sudah pernah melihat Drone atau pesawat nirawak bukan? Drone sudah banyak dipakai dalam berbagai sektor kehidupan. Biasanya paling umum dipakai untuk fotografi.

Drone ialah pesawat tanpa awak yang dapat terbang cukup dengan dikendalikan secara jarak jauh memakai remote control. Drone bisa bermanfaat untuk bidang fotografi, videografi, bencana alam, tambang, gas, minyak bumi, konstruksi, real estate, militer, dan lainnya.

Manusia senantiasa mengembangkan penemuan baru dari waktu ke waktu. Jadi, supaya aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah, jangan sampai tertinggal informasi perkembangan teknologi tercanggih dan terbaru.