Ini-Dia-10-Penyakit-yang-Sering-Terjadi-Pada-Manusia

Ini Dia 10 Penyakit yang Sering Terjadi Pada Manusia

Anda pasti pernah mendengar beberapa penyakit yang sering terjadi pada manusia. Dalam kehidupan sehari – hari, pembicaraan mengenai macam – macam penyakit memang selalu membuat semua orang takut dan khawatir, karena hal tersebut bisa saja menimpa dirinya.

Memang jatuh sakit adalah hal biasa dan wajar, namun jika penyakitnya parah tentu akan membuat penderitanya menyesal karena tidak melalukan kebiasaan sehat dan baik. Hal ini karena beberapa penyakit bisa saja terjadi karena kebiasaan kurang baik dalam hidup.

Itu sebabnya untuk menghindari beberapa penyakit yang sering terjadi pada manusia, Anda perlu memahami apa saja jenis tersebut kemudian apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, karena hidup sehat merupakan hal yang sangat didambakan oleh orang – orang.

Beberapa jenis penyakit berikut bukan hanya menyerang usia tua namun juga usia muda. Biasanya dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan hidup sehat sebelumnya. Inilah beberapa jenis penyakitnya yang paling sering terjadi pada manusia.

10 Penyakit yang Sering Terjadi

Jatuh sakit bisa saja parah atau tidak. Jika tidak parah artinya dapat disembuhkan agar bisa kembali menjalankan aktivitas seperti biasanya. Namun jika terlalu parah pasti sulit disembuhkan, bahkan hal lebih parah adalah sakit tersebut dapat menyebabkan kematian.

Pastikan Anda mengetahui beberapa jenis penyakit berikut ini agar dapat berusaha menghindarinya. Inilah jenis – jenis sakit paling sering menyerang manusia.

  1. Diabetes

Tentu nama diabetes ini tidak asing di telinga Anda. Apalagi ada banyak sekali jumlah penderitanya, terutama di usia tua. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh gula darah tinggi di dalam tubuh.

BACA JUGA:  Wajib Paham, Inilah Cara Mencegah Hipertensi yang Mudah

Diabetes sebagai salah satu penyakit yang sering terjadi pada manusia tentu menjadi kekhawatiran besar. Hal ini karena jika sudah parah, diabetes bisa sangat menyiksa. Gejalanya adalah sering merasa kebas, kemudian jika parah akan menghalangi penyembuhan luka.

Itulah mengapa penderita diabetes tidak boleh sampai terkena luka. Jika sampai terluka, luka tersebut bisa menyebar ke area sekitarnya kemudian menyebabkan bagian tersebut harus diamputasi jika terlalu parah.

  1. Katarak

Umumnya katarak terjadi pada usia lanjut karena penurunan fungsi penglihatan. Namun katarak juga bisa saja terjadi pada anak – anak usia muda jika terdapat kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari – hari.

Katarak membuat penderitanya sulit melihat dengan baik karena seperti ada halangan di bagian mata. Meskipun katarak terkadang juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, namun juga terdapat beberapa faktor yang bisa dicegah dari awal.

Cara menyembuhkan penyakit yang sering terjadi pada manusia ini adalah dengan operasi katarak. Namun jika sudah dicegah sejak awal tentu Anda tidak perlu melakukan operasi tersebut.

  1. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Gangguan ginjal tidak bisa disepelekan karena organ tersebut sangat penting dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk menetralkan racun dalam tubuh dengan dukungan air putih yang masuk ke dalam tubuh.

Itu sebabnya penyakit yang sering terjadi ini biasanya menimpa orang – orang yang jarang atau bahkan tidak suka minum air putih. Gangguan ginjal juga biasanya mengurang uang untuk penyembuhan karena memerlukan cuci darah selama beberapa periode sekali.

  1. Sakit jantung

Tidak hanya pada lansia, namun sakit jantung biasanya juga terjadi pada anak muda tertentu. Umumnya sakit jantung terjadi pada seseorang karena faktor genetik. Sehingga jika anggota keluarga ada yang mengalami sakit jantung, tentu hal ini akan membuat anggota lain takut.

BACA JUGA:  Pahami 5 Cara Awal Menangani Vertigo Secara Mandiri Ini

Namun sakit jantung sebenarnya juga bisa terjadi karena pola hidup kurang sehat. Khusus untuk sakit jantung yang terjadi karena faktor lain selain genetic, memang perlu dicegah dengan beberapa kebiasaan sehat.

Jadi hal yang bisa dilakukan adalah mencoba melakukan kebiasaan sehat tersebut. Kemudian jika penyakit yang sering terjadi ini masih menimpa Anda, maka kemungkinan besarnya adalah sakit jantung tersebut terjadi karena faktor genetik atau faktor lain tidak bisa dihindari.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau bisa juga disebut dengan darah tinggi bisa menimpa siapa saja. Hipertensi mampu membuat penderitanya merasa sakit kepala berat hingga kejang – kejang dan pingsan. Namun tetap terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Bahkan hipertensi sebenarnya juga bisa dikurangi dan disembuhkan dengan melakukan hal – hal sederhana. Sehingga hipertensi atau darah tinggi bukan sakit yang sulit atau tidak bisa disembuhkan. Meskipun membutuhkan proses lama dan sulit dalam menyembuhkannya.

  1. Stroke

Stroke merupakan sakit yang menyebabkan penderitanya tidak bisa menggerakkan sebagian atau seluruh anggota tubuhnya. Stroke bisa terjadi secara tiba – tiba sehingga biasanya para penderita merasa terkejut dengan perubahan pada tubuhnya.

Stroke terjadi karena adanya pembuluh darah pecah atau tersumbat. Gejala paling mudah dikenali adalah kesulitan bicara, tidak bisa berjalan, atau tanda kelumpuhan lainnya. Hal tersebut tentu tidak bagus karena bisa menghambat aktivitas sehari – hari.

Sebagai salah satu penyakit yang sering terjadi pada manusia, tentu stroke juga ditakuti. Anda harus berusaha mencegahnya dengan melakukan pola hidup sehat sejak masih muda.

  1. Kanker

Kanker umumnya terjadi karena faktor gen atau keturunan. Namun sebenarnya juga terdapat faktor lain seperti kebiasaan kurang baik. Kanker memiliki banyak jenis, misalnya kanker paru-paru, kanker kulit, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Gangguan Kulit Paling Umum Ini Harus Diketahui Wanita

Apapun jenis kanker tentu akan membuat penderitanya merasa takut. Apalagi biasanya penyakit yang sering terjadi ini tidak bisa disembuhkan dan menyebabkan kematian.

  1. Gangguan kulit

Gangguan kulit juga ada banyak macamnya. Terjadi pada usia tua atau muda, namun bukan berarti tidak bisa dicegah dan disembuhkan. Terdapat beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Gangguan kulit pada kulit ini bisa berupa jerawat, flek hitam parah, kutil dan lain sebagainya. Umumnya gangguan kulit akan menurunkan rasa percaya diri pada seseorang, sehingga sebaiknya dicegah sejak awal atau berusaha disembuhkan dengan beberapa cara.

  1. Maag

Maag merupakan bagian dari penyakit lambung yang sangat menyakitkan. Maag mampu membuat orang tidak nafsu makan dalam waktu lama, mengalami muntah – muntah dan rasa sakit pada bagian perut yang tidak tertahankan.

Maag juga bisa terjadi karena faktor genetik, namun kebanyakan penyakit yang sering terjadi ini disebabkan oleh pola hidup tidak sehat sebelumnya. Sehingga terdapat faktor pencegahan yang bisa dilakukan.

  1. Vertigo

Vertigo dapat menyerang siapa saja dan terkadang tidak dapat diprediksi kedatangannya. Vertigo akan membuat penderitanya merasa sangat pusing sehingga tidak bisa berdiri. Tentu kondisi ini akan menghambat aktivitas dan sangat menyakitkan.

Meskipun sulit dicegah, namun terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejalanya. Tindakan untuk mengurangi gejala tersebut tentu akan sangat membantu penderitanya, mengingat vertigo sangat menyiksa penderitanya.

Setelah memahami berbagai jenis sakit tersebut, pastikan Anda mencari tahu bagaimana cara mencegah penyakit yang sering terjadi tersebut agar tidak perlu menderita.