Inilah-5-Penyebab-Sakit-Maag-yang-Harus-Anda-Pahami

Inilah 5 Penyebab Sakit Maag yang Harus Anda Pahami

Jika Anda sering mengalami gejala maag, pastikan memahami apa saja penyebab sakit maag yang cukup umum. Dalam kehidupan manusia, pencernaan merupakan salah satu sistem yang sebaiknya tidak pernah mengalami gangguan, karena akibatnya pasti sangat fatal.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa penyakit berhubungan dengan sistem pencernaan tidak dapat disembuhkan dengan mudah. Ada yang memerlukan operasi, ada juga yang membutuhkan terapi dalam jangka waktu sangat lama.

Daripada harus mengalami hal tersebut dan merasa tidak nyaman menjalani kehidupan, ada baiknya Anda mencari tahu dan mempelajari apa saja penyebab sakit maag. Kemudian jangan sampai melalukan faktor penyebabnya agar tidak mengalami gangguan seperti ini.

Pastikan Anda memahami beberapa penyebabnya berikut, kemudian hindari semua penyebabnya dan jaga diri dari penyakit maag.

5 Penyebab Sakit Maag yang Umum

Maaf memang sangat umum terjadi pada masyarakat, namun bukan berarti tidak bisa dicegah karena seharusnya penyakit ini bisa dicegah agar tidak terjadi. Hanya saja terdapat beberapa kebiasaan dalam hidup yang kemudian menjadi penyebab umum penyakit ini.

Jika Anda masih belum tahu apa saja penyebabnya secara umum, coba perhatikan beberapa hal berikut ini kemudian coba hindari sebisa mungkin.

  1. Terlambat makan

Kebanyakan orang menganggap sepele hal ini, namun sebenarnya terlambat makan akan menjadi penyebab sakit maag. Terlambat makan sering sekali dilakukan oleh masyarakat karena kesibukan atau hal lannya.

Sebaiknya sempatkan diri untuk makan secara teratur. Paling tidak 2 sampai 3 kali sehari. Jika Anda merasa sangat sibuk sebaiknya siapkan camilan berkabohidrat untuk menambah energi dan mengisi perut.

  1. Terlalu banyak konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan pedas sebenarnya dibolehkan namun sebaiknya jangan terlalu banyak, karena justru hal ini yang akan menyebabkan sakit maag. Makanan pedas terlalu banyak akan membuat lambung terlalu perih kemudian menyebabkan penyakit yang menyiksa.

BACA JUGA:  Berbagai Jenis vitamin B, Jangan Sampai Keliru

Jika Anda ingin konsumsi makanan pedas sebaiknya konsumsi bersama makanan lain agar kandungan dalam makanan pedas tidak terlalu menyakiti lambung. Namun tetap saja sebaiknya hindari makanan pedas atau kurangi porsinya.

  1. Terlalu banyak konsumsi makanan kecut

Hindari juga terlalu banyak konsumsi makanan kecut. Kebiasaan orang Indonesia yang paling sulit dihilangkan adalah konsumsi makanan kecut bersamaan dengan makanan pedas. Contohnya adalah rujak buah mangga kecut dengan bumbunya yang terlalu pedas.

Jika makanan kecut dan pedas dikonsumsi secara bersamaan secara sering maka hal ini akan menjadi penyebab sakit maag. Sebaiknya kurangi makan makanan kecut, atau isi perut dengan makanan lain yang aman terlebih dahulu sebelum konsumsi makanan kecut.

  1. Porsi makan tidak normal

Porsi makan tidak normal juga bisa menjadi penyebabnya. Porsi makan terlalu sedikit juga tidak baik, jika porsi makannya terlalu banyak juga akan menyebabkan maag. Sehingga sebaiknya makan dengan porsi normal saja.

Hal ini sering kali tidak disadari oleh orang – orang, sehingga porsi makannya sering tidak normal kemudian menyebabkan penyakit seperti maag.

  1. Stress

Stress juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan meskipun Anda sudah melakukan kebiasaan yang bagus dalam hidup, namun jika stress terlalu banyak tetap akan mengalami sakit ini, karena stress memacu semua anggota dalam tubuh menjadi tidak normal.

Kelola stress dengan benar, karena stress bisa saja menyebabkan penyakit lainnya selain sakit ini. Sehingga pastikan melalukan hal – hal yang menyenangkan agar stress atau banyak pikiran tidak menjadi penyebab sakit maag.