Inilah-Beberapa-Jenis-Kanker-Paling-Umum-yang-Harus-Dipahami

Inilah Beberapa Jenis Kanker Paling Umum yang Harus Dipahami

Mengetahui beberapa jenis kanker paling umum terjadi tentu sangat penting. Dengan begitu Anda mendapat pemahaman sekaligus berusaha mencari tahu bagaimana cara mencegahnya. Apalagi di Indonesia tidak sedikit ada kasus meninggal karena hal ini.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri juga sudah banyak yang mengalaminya. Anda bisa melihat kasus ini di berita atau beberapa film yang mengangkat kisah nyata seorang penderita kanker. Biasanya usia penderita tidak akan lama.

Memang jika dilihat dari beberapa kasus dengan jenis kanker paling umum, mayoritas penderitanya memiliki usia pendek. Itu sebabnya banyak orang yang bersimpati berusaha membahagiakan penderita. Namun jika bisa memilih, lebih baik tidak pernah mengalaminya.

Itu sebabnya, selain memahami bagaimana cara mencegahnya sebaiknya Anda juga memahami apa saja jenisnya. Hal ini harus dilakukan karena pengetahuan tentang penyakit ini sudah seharusnya disebarluaskan dan dipahami oleh semua masyarakat.

5 Jenis Kanker Paling Umum

Kanker merupakan sebuah jenis penyakit berupa sel – sel tidak normal yang terus membelah dan merambat di sekitarnya. Kemudian sel tersebut menghancurkan fungsi atau jaringan dalam tubuh sehingga menyebabkan kematian atau rasa sakit yang luar biasa.

Sel tidak normal ini bisa berada di mana saja dan menyebabkan beberapa gejala parah. Namun secara umum, terdapat beberapa jenis kanker yang harus Anda pahami.

  1. Payudara

Banyak orang mengatakan bahwa penyakit ini biasanya merupakan turunan atau disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini mungkin saja karena berdasarkan penelitian terdapat beberapa anggota keluarga yang mengalami hal sama dengan anggota keluarga lainnya.

Sama halnya dengan jenis kanker paling umum ini yaitu di payudara. Kondisi ini tentu membuat khawatir para wanita karena membutuhkan operasi dan menghilangkan payudara tersebut. Penyebabnya juga tidak tentu karena sebagian besar karena genetik dari keluarga.

  1. Paru – paru

Paru – paru juga bisa terkena penyakit ini. Gejala yang akan dirasakan adalah sakit luar biasa dan sesak. Memang jenis penyakit ini juga bisa diturunkan dari keluarga. Namun sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan merokok atau terlalu banyak minum alkohol.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Penyakit Katarak Ini Ternyata Mudah Dilakukan

Jadi pastikan Anda mengurangi kebiasaan merokok untuk menghindari hal ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang merasakan penderitaan ini karena terus menghirup asap rokok atau menjadi perokok itu sendiri. Bahkan penderitaannya berujung pada kematian.

  1. Rahim

Berkembangnya sel abnormal di dalam rahim juga bisa saja terjadi. Hal ini disebabkan oleh sel berkembang terlalu banyak kemudian membentuk sebuah benjolan. Umumnya bisa diatasi dengan operasi angkat rahim, sehingga belum tentu menyebabkan kematian.

Namun risiko dari jenis kanker paling umum ini adalah wanita tidak bisa memiliki anak. Sehingga sebaiknya berhati – hati dalam melakukan kebiasaan atau pola hidup.

  1. Leukimia

Leukimia biasanya disebabkan oleh produksi sel tidak normal dalam tubuh di bagian sum – sum tulang belakang. Mayoritas orang – orang melakukan operasi pengangkatan sum – sum tulang belakang kemudian mendapatkan donor dari orang lain.

Namun jika tidak segera diatasi dengan baik, tentu penderitanya bisa meninggal. Hal ini karena leukimia di daerah sum – sum tulang belakang merupakan daerah yang sangat berbahaya. Jika tidak segera ditangani pasti akan berakibat buruk pada penderitanya.

  1. Usus

Sel abnormal juga dapat tumbuh di bagian usus. Penderita penyakit ini mungkin saja meninggal atau tidak. Jika terlambat diketahui maka bisa saja menyebabkan kematian. Sehingga penting sekali untuk banyak mempelajari jenis kanker paling umum.