Inilah-Cara-Mencegah-Penyakit-Diabetes-yang-Mudah-Dilakukan

Inilah Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Mudah Dilakukan

Sebenarnya cara mencegah penyakit diabetes tidak sulit dilakukan. Namun tetap banyak orang yang menderitanya di usia tua. Hal ini bisa saja terjadi karena cara mencegahnya tidak dilakukan dengan benar. Sehingga upaya yang sudah dilakukan tetap saja tidak ada hasilnya.

Anda pasti memahami bahwa penyakit ini sering sekali menimpa orang – orang di Indonesia. Bahkan ada yang mengalaminya dalam waktu sangat lama. Rasa tersiksa karena diabetes sangat tidak tertahankan, mengingat penyakit ini dapat membuat luka menjadi tidak cepat sembuh.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit ini, sebaiknya lakukan beberapa cara mencegah penyakit diabetes agar tidak menimpa di masa tua. Hal ini karena bisa saja sakit tersebut disebabkan oleh factor genetika yang tidak bisa dihindari.

Selain factor genetika juga terdapat factor lain yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu kadar gula darah sangat tinggi dalam tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak makan makanan manis dan berbagai hal lainnya.

5 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Kebanyakan penyakit yang muncul di usia tua disebabkan oleh kebiasaan atau pola hidup kurang baik. Itu sebabnya kebiasaan hidup sehat sangat perlu dijaga sejak muda. Coba lakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini agar tidak menderita diabetes di masa tua.

  1. Kurangi makanan manis

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengurangi makanan manis. Memang makanan manis sangat menggoda terutama makanan dengan rasa cokelat, rasanya dapat menaikkan mood dan menenangkan hati. Namun jika konsumsinya terlalu banyak juga tidak akan baik bagi tubuh.

Sebaiknya coba kurangi makan makanan manis agar tidak terkena jenis sakit ini. Hal tersebut karena makanan manis dapat menambah kadar gula dalam darah. Kemudian jika kadar gula darah dalam tubuh sudah meningkat, pasti risiko terkena sakit ini akan semakin besar.

  1. Rutin melakukan olahraga

Lakukan olahraga secara rutin sebagai salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Olahraga penting dilakukan secara rutin sejak muda, karena olahraga juga termasuk dalam salah satu kegiatan yang bisa mengurangi kadar gula dalam darah.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Penyakit Katarak Ini Ternyata Mudah Dilakukan

Olahraga sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Lebih baik lagi jika Anda bisa melakukan olahraga setiap pagi. Lakukan jogging kecil sampai berkeringat sebagai upaya untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Berhenti merokok

Bagi laki – laki sebaiknya hentian kebiasaan merokok. Merokok tidak baik untuk kesehatan, tidak hanya menyerang bagian paru – paru dan jantung namun juga menyerang organ lainnya. Termasuk salah satunya menyebabkan kadar gula dalam darah naik sehingga terjadi diabetes.

Atau jika Anda sangat sulit menghentikan kebiasaan merokok, sebaiknya coba kurangi kebiasaan tersebut sebisa mungkin.

  1. Perhatikan pola makan

Cara mencegah penyakit diabetes lainnya yang mudah dilakukan adalah dengan memperhatikan pola makan. Sejak muda sebaiknya perhatikan pola makan dengan benar, jangan sampai makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Lebih baik makan dengan porsi normal.

  1. Kendalikan stress

Kemudian coba kendalikan stress sebagai salah satu upaya dalam mencegahnya. Memang kelihatannya stress tidak dapat mempengaruhi berbagai macam penyakit. Namun ternyata stress memberikan pengaruh cukup besar, tidak hanya pada diabetes namun juga jenis lainnya.

Mengendalikan stress memang tidak mudah namun bisa dilakukan dengan mendapat bantuan dari orang lain. Bisa juga mengendalikan secara mandiri dengan beberapa kebiasaan baik. Setelah melakukan cara mencegah penyakit diabetes ini, tentu Anda akan mudah terhindar.