Keunggulan-Jaringan-5G-yang-Lebih-Baik-dari-Jaringan-4G

Keunggulan Jaringan 5G yang Lebih Baik dari Jaringan 4G

Ada sejumlah keunggulan jaringan 5G yang membuatnya dinantikan oleh masyarakat untuk menggantikan jaringan 4G. Secara umum, kelebihan yang tampak dari teknologi tersebut ialah kecepatan internet jauh lebih tinggi.

Jaringan seluler ini mampu menyediakan kecepatan layanan internet sampai menyentuh angka 20 gigabyte per second (Gbps). Kecepatannya mampu memenuhi kebutuhan beragam aktivitas, misalnya streaming video, mengunduh, mengunggah sampai bermain game online.

Sebagai terobosan baru dalam bidang teknologi dan informasi, Indonesia menyambut baik kehadirannya. Apakah Anda juga terbuka menerima terobosan baru ini jika sudah tersedia di kota Anda?

Berkenalan dengan Jaringan Seluler 5G

Sebelum membahas keunggulan jaringan 5G, mari mengenalnya terlebih dahulu. Layanan ini pertama kali disediakan di Indonesia oleh Telkomsel. Anda pasti sudah tahu jika Telkomsel adalah salah satu operator ternama di tanah air.

Telkomsel sendiri mampu menyediakan layanan karena sudah mendapatkan izin Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Teknologi tersebut mampu menyediakan kecepatan 20 kali lipat dibandingkan 4G.

Jaringan 5G menawarkan kecepatan begitu tinggi yang setara dengan Wi-Fi. Tentu hal ini sangat menguntungkan para pengguna smartphone karena tidak perlu tersambung Wi-Fi untuk menjalankan aktivitas internet secara cepat.

Jaringan 4G ialah generasi keempat dari teknologi nirkabel di mana memakai menara radio untuk menghadirkan layanan telepon dan internet nirkabel ke perangkat seluler. Sementara jaringan 5G diciptakan di atas jaringan nirkabel 4G dengan frekuensi radio lebih luas.

Teknologi baru ini juga mengandalkan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi tinggi. Oleh sebab itu, kecepatan dan waktu responnya jauh lebih cepat daripada teknologi sebelumnya.

BACA JUGA:  Teknologi Autonomous Car, Kenali 5 Levelnya

Tatkala mengamati kapasitasnya pada lokasi padat penduduk, teknologi ini mampu berjalan lebih cepat dibandingkan 4G. kecepatannya bisa mencapai rata-rata 500 Mbps. Sementara 4G umumnya hanya 30 Mbps.

Jika keadaannya biasa saja, 4G dapat menyediakan kecepatan paling tinggi 100 Mbps, sedangkan 5G mampu mencapai 10 Gbps. Bukankah perbedaan kecepatannya sangat besar?

Teknologi ini sendiri ditemukan oleh Michael Lemke, seorang ahli fisika bergelar PhD (doktor) asal Jerman. Michael Lemke mengawali penelitiannya sejak tahun 2016 di Dresden University of Technology, Jerman.

Keunggulan Jaringan 5G jika dibandingkan dengan 4G

Jaringan 5G sebagai kemajuan teknologi komunikasi mampu menghadirkan beragam manfaat untuk manusia. Sehingga aktivitas sehari-hari dalam bidang komunikasi dan pertukaran data menjadi lebih mudah dan cepat. Seperti ini beragam keunggulannya dibandingkan 4G.

  1. Koneksi Lebih Cepat

Keunggulan jaringan 5G yang paling utama ialah perihal kecepatan. Kecepatannya mencapai 10 kali lebih cepat pada angka 10 Gbps. Sementara kecepatan unduhnya 20 kali lebih cepat karena mencapai angka 29 Gbps.

  1. Lebih Banyak Kapasitas

Keunggulan lainnya ialah kapasitas dan ruang lebih besar. Biasanya ketika ada di keramaian akan membuat sinyal sulit didapat. Sebab, semua orang dalam satu lokasi sama-sama berupaya mengakses internet sehingga menyebabkan kemacetan di satu menara.

Sementara ketika menggunakan 5G, semua perangkat bisa terhubung tanpa adanya penurunan kualitas jaringan. Kecepatannya akan tetap bagus sehingga aktivitas dapat berjalan lancar seperti biasa.

  1. Latensi Rendah

Keunggulan jaringan 5G lainnya ialah latensi rendah. Latensi ialah jeda waktu yang diperlukan dalam mengirim data ke penerima. Ketika jeda waktunya tinggi maka respons yang diberikan oleh penerima semakin lambat.

5G mempunyai latensi sebesar 1 milidetik atau 10 kali lebih rendah dibandingkan dengan 4G. Latensi rendah memungkinkan untuk memungkinkan untuk memproses visual manusia jadi mampu terhubung secara jarak jauh dengan real-time.

  1. Hemat Energi

Teknologi 5G mampu menghemat energi sampai 10% melalui pengurangan trafik data. Karena kecepatan transmisi data terbilang tinggi, bit data per kilowatt energi juga lebih banyak.

BACA JUGA:  Apa Itu Virtual Reality (VR)? Kenali Juga Fungsinya di Sini

Semakin populernya penggunaan perangkat seluler membuat teknologi dalam bidang komunikasi semakin berkembang pula. Hingga memunculkan penemuan baru berupa 5G. Banyak sekali keunggulan jaringan 5G dibandingkan teknologi sebelumnya.