Keunggulan-Teknologi-Blockchain-yang-Wajib-Anda-Tahu

Keunggulan Teknologi Blockchain yang Wajib Anda Tahu

Tidak semua orang mengetahui tentang keunggulan teknologi Blockchain meskipun Cryptocurrency sudah cukup populer. Mungkin Anda juga lebih sering mendengar isitlah Cryptocurrency dibandingkan dengan Blockchain.

Blockchain sebenarnya mempunyai kaitan erat dengan Cryptocurrency. Namun, bukan berarti hanya terbatas pada mata uang kripto. Dapat pula dikaitkan dengan bidang lainnya.

Apabila Anda tertarik berinvestasi mata uang kripto, ada baiknya mengenali Blockchain secara lebih mendalam. Kenali juga keunggulannya supaya mampu mengambil manfaatnya dengan lebih optimal.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Blockchain?

Sebelum membahas keunggulan teknologi Blockchain, mari mengenalnya terlebih dahulu. Pengertiannya ialah sistem penyimpanan atau bank data secara digital di mana terhubung dengan kriptografi.

Secara umum, teknologi ini berkaitan erat dengan Cryptocurrency. Namun juga bermanfaat dalam sektor lainnya. Block sendiri mempunyai arti kelompok sementara chain artinya ialah rantai.

Jadi, teknologi ini menunjukkan pemanfaatan resource komputer dalam menciptakan blok yang saling terhubung. Nantinya blok tersebut akan mengeksekusi sebuah transaksi. Blockchain bisa berjalan sendiri tanpa memerlukan algoritma komputer.

Sudahkah Anda memahami perbedaannya dengan Cryptocurrency? Cryptocurrency ialah sistem mata uang digital yang diamankan memakai kriptografi. Pengamanan tersebut menjadikannya tidak bisa dipalsukan.

Aset kripto memakai teknologi bernama Blockchain. Jadi, teknologi tersebut ialah database di mana tidak dapat diganti maupun diubah. Secara sederhana, Blockchain dipakai dalam menyimpan data digital di mana tersambung dengan kriptografi.

Kripto merupakan mata uang digital sementara Blockchain ialah teknologi dan penyimpanan data digital yang berhubungan dengan transaksinya. Teknologinya banyak dimanfaatkan dalam bidang keuangan atau finansial.

BACA JUGA:  Teknologi Cyber Security untuk Cegah Kejahatan Siber

Dalam sektor finansial, dapat dianggap sebagai buku kas digital di mana dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Tidak perlu mendapatkan persetujuan dari pihak maupun lembaga keuangan lainnya.

Sehingga semua transaksi bisa berjalan dengan lebih transparan dan aman. Teknologi ini sangat membantu mengurangi tindakan penyelewengan dana seperti suap atau korupsi.

Keunggulan Teknologi Blockchain , Ini Dia Daftarnya

Setiap ada penemuan baru, pasti menawarkan keunggulan atau kelebihan tersendiri, begitu pula dengan Blockchain. Teknologi ini menawarkan beragam keunggulan menarik seperti berikut.

  1. Sistem Transaksi Transparan

Keunggulan teknologi Blockchain yang pertama ialah sistem transaksinya transparan. Dapat menyimpan data transaksi karena adanya public access yang bisa dilihat oleh semua orang. Sangat berbeda dengan sistem lembaga keuangan pada umumnya.

  1. Mempunyai Proteksi Data tergolong Baik

Dalam teknologi ini terdapat sistem verifikasi oleh para penambang atau miner sebelum dieksekusi pada komputer. Struktur database mempunyai sifat append only atau hanya mampu menambahkan tanpa ada akses untuk edit.

Sehingga hacker tidak akan bisa melakukan hack atau social engineering guna mengubah data di dalamnya. Jadi, transaksi akan terbebas dari penipuan maupun pencurian aset.

  1. Efisiensi dan Kecepatan

Keunggulan teknologi Blockchain tampak pula dalam hal efisiensi dan kecepatan. Transaksi manual dengan uang tunai akan memerlukan cukup banyak waktu dan memungkinkan terjadinya kesalahan. Sementara transaksi Blockchain berjalan dengan lebih efisien dan cepat.

  1. Keamanan Tinggi

Penemuan baru ini dilengkapi dengan enkripsi kriptografi jadi keamanannya terbilang tinggi. Kriptografi tidak memungkinkan pengubahan histori transaksi. Enkripsi sangat membantu mencegah penipuan.

  1. Sistem Audit Lebih Baik

Keunggulan lain yang tidak kalah penting ialah kemampuan audit. Setiap orang boleh melihat maupun tracking data transaksi. Jadi, siapa saja bisa mengetahui jejak audit sebuah aset.

BACA JUGA:  Artificial Intelligence (AI), Ini Contoh Penerapannya!

Tidak perlu khawatir akan terjadi penggelapan dana korupsi. Sebab, data transaksinya bersifat publik, immutable dan append only. Semua transaksinya tampak jelas tanpa bisa dimanipulasi.

Ada teknologi yang identik dengan Cryptocurrency bernama Blockchain. Terdapat keunggulan teknologi Blockchain yang membuatnya mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan dengan sistem manual.