Mengenal-Teknologi-Informasi-Komunikasi-Dan-Manfaatnya.

Mengenal Teknologi Informasi Komunikasi Dan Manfaatnya.

Mengenal teknologi informasi dan komunikas, secara ilmu Bahasa kata teknologi informasi dan komunikasi adalah proses transmisi sumber informasi melalui system kemputasi. Yang artinya semua informasi yang dikirimkan dan di terimanya dengan menggunakan Bahasa symbol tertentu. Ada juga yang mengartikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah proses penyimpanan suat pesan, ide maupun gagasan dari server satu ke beberapa server lainya dengan sangat cepat dan lebih banyak. Yang arti lainya yaitu suatu teknologi yang terkait dengan perangkat seperti komputer maupun sejenisnya. Yang dapat memproses dan mendistribusikan senua informasi yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam berbagai kegiatan atau aktifitasnya. Seperti hubungan sosial, ekonomi, budaya dan lainya. Menggunakan peralatan komputer.

Dan menurut Pendapat Para Ahli pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu:

Pendapat dari William E. Sawyer
Teknologi informasi dan komunikasi adalah struktur teknologi yang dapat menggabungkan hardware (komputer) dengan jaringan komunikasi untuk mentranfes file, data,video serta audio. Jaringan yang dimaksud adalah Internet.

Pendapat dari Eric Deeson.
Teknologi informasi komunikasi ialah suatu kegiatan dari manusia untuk mengolah, mentransmisikan sumber informasi untuk saling berbagi. Yang tentunya bisa bermanfaat bagi manusia. Kesimpulanya teknologi informasi adalah informasi yang telah di proses dengan menggunakan sarana lisrtik dan elektronik (mikroelektronika).

Pendapat dari Puskur Diknas Indonesia.
Teknologi informasi dan komunikasi adalah pemrosesan transmisi, penyimpanan dan akses. Dalam hal ini secara khusus menggunakan hardware dan software yang bertugas secara individu dan sangat berpengaruh terhadap orang maupun masyarakat.

BACA JUGA:  Cara Login OpenAI Chat GPT

Pendapat dari Annata Sannai.
Pengertian dari teknologi infromasi dan komunikasi adalah perangkat yg terstruktur dan saling terhubung. Yang berisi kegitan pemprosesan, mengelola dan mentransfer data serta informasi dari satu perangkat ke perangkat lainya. Atau alat yang dapat berguna untuk mendapatkan informasi dari orang lain.

Lalu apakah kegunaan dari teknologi informasi dan komunikasi ?

Fungsinya adalah: Sebagai alat pendukung untuk proses pegiriman serta menerima informasi. Didalam kehidupan manusia ialah sebagai berikut ini , dengan menyertakan fitur:

memungkinkan orang untuk menymipan ataupun membuang informasi dan fakta yang terpercaya.
Kemampuan Pemrosesan. Teknologi informasi dan komuniksa merupakan kombinasi dari beberapa rangkaian suatu kegiatan. Seperti komputer menerima data masuk dari sumber lalu memproses data tersembut untuk mejadi gambar maupun tulisan.
Fungsi pembangkitan, Teknologi informasi dengan fungsi komunikasi sebagai media untuk pegelolaan data yang lebih testruktur, sehingga dapat dengan mudah untuk dipahami. Sebagai contohnya informasi deskripsi berbentuk table maupun grafik. Teknologi informasi juga sebagai alat untuk penyimpanan data pada media tertentu yang nantinya bisa digunakan lagi.
Sebagai Fungsi pencarian, Teknologi informasi dan komunikasi bertujuan untuk mencari, menyalin dan meneruskan data serta informasi lama yang telah disimpan di media penyimpanan. Missal seseorang menggunkan komputer lalu membuka data yang terdapat di perangkat penyimpanan di komputer seperti hardisk maupun lainya. Dan juga dapat berfungsi sebagai transmisi. Yaitu dapat mentrasmisikan infomasi dan data yang berupa digital dengan menggunakan pernagkat komputasi sebagai medianya. Contoh, mengirimkan ringkasan data dari satu komputer melalui jaringan ke momputer lainya.

Apakah Manfaat dari Teknologi Informasi dan komunikasi ?

Setelah kita mengetahui dan mengenal fungsi teknologi informasi dan komunikasi, tentu kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

BACA JUGA:  Maximalkan OpenAI Chat GPT

Berikut ini adalah manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi :

1. Sarana komunikasi

Perubahan zaman sangat terasa cepat sekali, dahuli sebagai alat untuk komunikasi biasanya kita menggunakan surat. Kita menulis di selembar kertas kemudian kertas tersebut dikirikan ke tujuan. Namun dengan menggunakan teknologi informasi ini kita tidak perlu lagi untuk direpotkan dan menunggu lama sampai ke tujuan. Sebagai pengganti surat suiti kitab isa menggunakan Email. Bukan hanya email saja kita juga bisa menggunaka media sosial dan juag ponsel.

2. Mempermudah Proses belajar

Dulu kita hanya mengenal media cetak seperti buku, majalah, serta surat kabar atau koran. Namun semuanya itu sudah dapat dikonversikan menjadi artikel web, ebook, video dan juga format lainya. Dengan menggunakan internet yang dapat diakses.

3. Mendapat banyak informasi

Dengan menggunkan teknologi informasi dan komunikasi kita dimudahkan untuk mengakses informasi dari handphone ataupun komputer. Dan juga kita juga dapat menambah pengetahuan dengan berbagi informasi di dunia internet.

4. Kita Bisa Hemat.

Teknologi ini sangat cepat dan mengalami pertumbuhan sangat maju. Begitu banyak informasi didapat dengan gratis. Seta komunikasi dengan orang lainpun jauh lebih cepat dan mudah. Dengan menggunakan perangkat seluler atau komputer pribadi seperti laptop yang dapat mengakses internet.

5. Meningkatkan Produktivitas.

Dengan teknologi informasi kitab isa meningkatkan produktivitas. Sebagi contoh seorang karyawan dapat dengan cepat dan mudah memberikan laporan pekerjaan kepada bos nya, melalui Email. Tentunya ini sangat membantu sekali dalam hal pekerjaan.

Sejarah singkat teknologi infomasi dan perkembanganya.
Sejarah teknologi informasi dan komunikas telah malalui perjalan yang sangat jauh. Terdapat peristiwa peristiwa penting yang mempengarui perkembangan teknologi informasi ini.

BACA JUGA:  Dapatkan Ilmu OpenAI Chat GPT

Salah satu diantaranya ialah:

Alexander Graham Bell (1975) yang telah menemukan Telepon.
Transmisi audia nirkabel oleh siaran AM (1910-1920)
Televisi pertama didunia.
Serta penemuan komputer (1943)
Leonard Kleinlock (1969) yang telah menemukan internet.
Raymond Samuel Tomlinson (1971) menemukan Email.
Martin Cooper (1973) Telah menemukan teleppn genggam atau Handphone.

Sedangkan untuk pengguna teknologi informasi dan komunikasi khususnya di Indonesia dimulai sejak jaman penjajahan sampai dimulainya kemerdekaan. Pada saat itulah penggunaan radio dan televisi mulai digunakan. Hingga sampai sekarang pengguna teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat bahkan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara umum.