Pahami-5-Cara-Awal-Menangani-Vertigo-Secara-Mandiri-Ini

Pahami 5 Cara Awal Menangani Vertigo Secara Mandiri Ini

Pastikan Anda memahami bagaimana cara awal menangani vertigo secara mandiri. Terutama jika Anda atau anggota keluarga lainnya sering mendapatkan gangguan ini, karena kondisi tersebut membutuhkan penanganan secara mandiri yang tepat agar tidak jadi parah.

Vertigo memang sangat umum terjadi pada manusia. Ada banyak jumlah penderitanya dari yang paling atau tidak. Penyebab umumnya adalah trauma, cedera, atau ada yang salah dengan bagian telinga dan otak. Sehingga menyebabkan rasa pusing yang sangat parah.

Ketika hal ini terjadi, biasanya orang – orang mudah merasa panik. Jika langsung panik tentu saja pusingnya akan semakin parah. Penting sekali untuk langsung melakukan cara awal menangani vertigo secara mandiri agar gejalanya cepat mereda.

Itulah mengapa sangat penting untuk memahami bagaimana cara menanganinya. Jika Anda belum tahu bagaimana cara menanganinya, sebaiknya perhatikan beberapa langkahnya berikut ini.

5 Cara Awal Menangani Vertigo

Ketika mengalami gangguan ini, Anda akan merasakan pusing hebat hingga perasaan mual. Kebanyakan orang langsung pingsan ketika mengalaminya, namun jika tidak pingsan tentu saja gejala tersebut akan membuat tubuh menjadi sangat tidak nyaman.

Jika sedang mengalami gangguan ini, sebaiknya Anda jangan langsung panik dan melalukan tindakan ekstrem. Tenangkan diri dan lakukan beberapa hal berikut secara perlahan.

  1. Berhenti beraktivitas

Jika sedang dalam kondisi melalukan aktivitas, sebaiknya langsung hentikan aktivitas tersebut. Ketika Anda mengalami hal ini jangan sampai tetap berusaha melakukan aktivitas, karena hal tersebut hanya akan membuat gejala pusing dan mualnya semakin parah.

Apapun aktivitas yang dilakukan langsung saja hentikan. Jika terus memaksakan diri maka Anda bisa saja pingsan di tempat yang tidak seharusnya atau justru muntah di tempat. Jika sudah menghentikan aktivitas, segera lakukan langkah selanjutnya.

  1. Bernafas secara perlahan

Jangan panik ketika mengalami hal ini, Anda bisa meminta bantuan kepada orang lain untuk membantu berjalan. Namun jika tidak ada orang yang bisa memberikan bantuan, tetap saja Anda harus melakukan cara awal menangani vertigo secara mandiri.

BACA JUGA:  Wajib Paham, Inilah Cara Mencegah Hipertensi yang Mudah

Coba duduk bersandar dan bernafas secara perlahan sampai benar – benar tenang. Jika sudah benar – benar tenang, maka lebih mudah bagi Anda melakukan beberapa langkah penanganan secara mandiri berikutnya.

  1. Pejamkan mata

Kemudian pejamkan mata untuk beberapa saat. Dengan memejamkan mata Anda akan merasa lebih baik karena efek pusing memutar akan segera berkurang. Jika setelah memejamkan mata masih terasa pusing, coba ulangi cara awal menangani vertigo ini.

Biasanya setelah memejamkan mata untuk beberapa menit sudah akan mengurangi rasa pusing memutarnya. Jika Anda berada di tempat yang dekat dengan air putih, coba minum air putih secara perlahan. Namun jika masih terasa sangat mual jangan minum terlebih dulu.

  1. Cari tempat yang tidak terlalu terang

Kemudian carilah tempat yang tidak terlalu terang jika rasa pusingnya masih terasa parah. Hal ini karena pusing yang tidak kunjung reda terjadi karena cahaya matahari. Coba berjalan perlahan menuju tempat yang tidak terlalu terang tersebut.

  1. Baringkan tubuh

Jika semua hal sudah dilakukan dan gejalanya hanya berkurang sedikit, segera cari tempat untuk berbaring. Saat berbaring sebaiknya hindari posisi telungkup atau miring, lebih baik jika posisinya telentang dan menggunakan bantal yang lebih tinggi.

Selain itu pejamkan mata sambil berbaring dan nafas dengan perlahan. Kemudian tunggu hinga gejalanya hilang. Selain itu coba cara awal menangani vertigo lainnya seperti tidur atau istirahat.