Para-Lansia-Harus-Tahu-Kebiasaan-yang-Mencegah-Stroke-Ini

Para Lansia Harus Tahu Kebiasaan yang Mencegah Stroke Ini

Terdapat beberapa kebiasaan yang mencegah stroke yang seharusnya Anda pahami sejak masih muda. Anda pasti memahami bahwa kemungkinan terjadinya penyakit ini sangat besar, terutama jika sejak muda masih melakukan kebiasaan – kebiasaan tidak sehat.

Stroke bisa saja menimpa siapapun, hal ini karena penyakit tersebut disebabkan oleh pecah atau tersumbatnya pembuluh darah dalam tubuh. Kemudian menyebabkan kondisi lumpuh seluruh tubuh atau hanya sebagiannya saja. Namun hal ini pasti akan menghambat aktivitas.

Tentunya Anda tidak mau hal ini sampai terjadi. Sehingga sebaiknya antisipasi kemungkinan mengalami penyakit ini sejak muda. Coba lakukan beberapa kebiasaan yang mencegah stroke agar tidak perlu merasakan penderitaan di masa tua.

Jika Anda masih belum tahu apa saja kebiasaan sehat tersebut, coba perhatikan beberapa hal berikut ini kemudian terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

5 Kebiasaan yang Mencegah Stroke

Inti dari tindakan pencegahan penyakit ini adalah dengan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Kemudian berusaha semaksimal mungkin melakukan suatu hal yang tidak menyebabkan pembuluh darah dalam tubuh pecah atau tersumbat.

Meskipun Anda tidak bisa melihat secara langsung ke dalam tubuh, namun ada beberapa cara atau kebiasaan yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa semua kondisi dalam tubuh baik – baik saja. Inilah beberapa kebiasaan tersebut.

  1. Olahraga aerobik

Olahraga sangat penting dilakukan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Sehingga salah satu kebiasaan yang mencegah stroke adalah dengan membiasakan diri olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Dengan melakukan olahraga secara rutin, Anda bisa mudah terhindar dari berbagai penyakit. Namun untuk mencegah datangnya stroke, jenis olahraga yang sangat disarankan adalah olahraga aerobik. Gerakan aerobik akan membantu membuat peredaran jadi lancar.

  1. Kurangi konsumsi garam

Selain itu coba kurangi konsumsi garam. Memang mengurangi konsumsi garam biasanya dilakukan untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi, namun sebenarnya hipertensi memiliki hubungan dengan terjadinya stroke.

BACA JUGA:  Inilah 5 Penyebab Sakit Maag yang Harus Anda Pahami

Hal ini karena hipertensi bisa saja menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat atau pecah. Kemudian kondisi tersebut akan membuat lumpuh seluruh atau sebagian tubuh manusia.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Kemudian perbanyak makan makanan bergizi. Anda bisa memperbanyak makan buah dan sayuran dibandingkan dengan makanan lain dengan lemak tinggi. Lemak bisa saja membuat pembuluh menjadi tersumbat, apalagi jika jumlah lemak dalam tubuh sudah tidak wajar.

Sumbatan yang disebabkan oleh lemak jika sudah sangat parah tidak akan menyebabkan sakit stroke saja. Namun juga berbagai penyakit lainnya. Sehingga selain menghindari makanan berlemak, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin sampai setidaknya berkeringat.

  1. Sempatkan mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat juga bisa menjadi kebiasaan yang mencegah stroke. Setidaknya sempatkan diri mandi dengan air hangat beberapa kali dalam 1 minggu. Mandi dengan air hangat boleh dilakukan namun jangan sampa setiap hari melakukannya.

Cukup beberapa kali saja untuk melancarkan peredaran darah. Air hangat akan membantu tubuh untuk rileks dan membuat tekstur darah menjadi lebih normal dari biasanya. Bahkan beberapa orang berpendapat mandi dengan air hangat khasiatnya mirip dengan olahraga.

  1. Kurangi rokok dan alkohol

Selain itu coba kurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol. Anda boleh melakukannya namun sebaiknya tidak terlalu sering. Bahkan jika bisa sebaiknya hentikan merokok dan minum alkohol karena kedua hal ini menyebabkan hipertensi.

Kemudian hipertensi akan menyebabkan stroke di masa tua. Jadi pastikan Anda melakukan kebiasaan yang mencegah stroke jika ingin hidup lebih sehat di masa tua.