Teknologi-Autonomous-Car,-Kenali-5-Levelnya

Teknologi Autonomous Car, Kenali 5 Levelnya

Tahukah Anda bahwa di masa sekarang sudah banyak perusahaan otomotif yang menyematkan teknologi Autonomous Car? Sistem tersebut juga bisa disebut dengan self-driving car, driveless car atau robotic car.

Teknologi tersebut memungkinkan mobil bukan hanya bisa dikendalikan oleh manusia namun juga sistem komputer. Penemuan baru ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Lantas, bagaimana sebuah mobil bisa beroperasi sendiri tanpa dikendalikan oleh manusia di jalan raya? Mari simak informasi lengkapnya mengenai penemuan baru tersebut dalam artikel ini.

Level dalam Teknologi Autonomous Car

Autonomous Car atau umum disebut dengan mobil otonom ialah kendaraan tanpa pengemudi yang teknologinya sudah cukup populer beberapa tahun terakhir. Mobil ini mempunyai kemampuan untuk berkendara mirip dengan kemampuan manusia.

Kendaraan ini bekerja dengan dikendalikan oleh rangkaian Artificial Intelligence atau AI. Kemudian ada rangkaian sensor di dalamnya sehingga mampu beroperasi sepenuhnya tanpa kendali manusia.

Penemuan dalam bidang otomotif ini mulai dilirik oleh beragam produsen kendaraan. Bahkan, banyak negara yang mendukung pengembangan penemuan otomotif tersebut. Apabila Anda tertarik dengan penemuan ini, kenali juga 5 levelnya berikut.

  1. Level 0

Pertama, teknologi Autonomous Car mempunyai level 0 yang merupakan level paling dasar. Pada tingkat ini manusia perlu memegang kontrol atau kendali sepenuhnya pada kendaraan.

Kendali tersebut meliputi kemudi, rem hingga gas. Sisi menarik dari level 0 ialah adanya fitur peringatan. Jadi, ada fitur andalan yang membantu manusia untuk mengendalikan mobilnya.

  1. Level 1

Selanjutnya ada level 1 di mana pengemudi tetap perlu bersiap mengambil kendali setiap waktu. Tersedia beragam fitur otomatis yang sangat membantu dalam aktivitas berkendara.

BACA JUGA:  Daftar Teknologi Tercanggih dan Terbaru 2022, Sudahkah Anda Tahu?

Ada fitur berupa Adaptive Cruise Control (ACC), Parking Assisstance with automated streering hingga Lane Keeping Assisstance (LKA). Beragam fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggantikan aktivitas manual.

  1. Level 2

Teknologi Autonomous Car menyediakan level 2 di mana mobil mampu menjalankan beragam aktivitas mengemudi. Misalnya saja melakukan percepatan, pengereman hingga pengendalian mobil.

Akan tetapi, bukan berarti pengemudi bisa melepaskan kontrol begitu saja. Pengemudi masih perlu memperhatikan lingkungan dan menjalankan aktivitas mengemudi yang tidak tersedia pada level ini.

Apabila pengemudi mengambil alih, maka sistem otomatisnya akan berhenti menjalankan mobil. Pengemudi tentu bisa berkendara dengan lebih aman jika turut mengendalkan tenaga manual.

  1. Level 3

Selanjutnya ada level 3 di mana sistem otomatisnya mampu melakukan lebih banyak aktivitas. Misalnya saja mampu memantau lingkungan. Akan tetapi, manusia masih perlu bersiap mengambil kendali pada suatu waktu.

  1. Level 4

Pada level 4, teknologi Autonomous Car mampu menyediakan sistem otomatis secara maksimal. Manusia bisa meninggalkan kontrol kemudi dengan duduk santai. Anda bisa melakukan hal lain di depan kemudi.

Anda bisa menikmati aktivitas lain sembari membiarkan komputer mengemudikan mobil. Tidak perlu mengambil alih kendali kendaraan karena semua aktivitas sudah dilakukan secara otomatis.

  1. Level 5

Tingkatan paling tinggi ialah level 5 di mana sistem otomatis mampu menjalankan semua aktivitas mengemudi. Mulai dari menetapkan tujuan hingga mengemudi. Manusia bisa melepaskan kendali pada kemudi.

Akan tetapi, disarankan untuk tidak melepaskan sepenuhnya urusan mengemudi pada sistem mobil. Karena sistemnya dianggap sebagai pelengkap untuk membantu tugas mengemudi, bukan difungsikan sebagai pengganti sepenuhnya.

Karena bisa saja terjadi masalah sistem secara mendadak. Tentu selalu ada risiko tertentu di luar perkiraan manusia. Jadi, lebih baik mengantisipasi dengan tetap memperhatikan kendali mobil.

BACA JUGA:  10 Manfaat Teknologi Drone, Bukan Hanya untuk Fotografi!

Teknologi otomotif senantiasa berkembang dari waktu ke waktu bahkan menawarkan sistem kemudi otomatis. Teknologi Autonomous Car ini mampu membantu manusia untuk mengemudi secara aman dan nyaman di jalan raya.