Teknologi-Cloud-Computing,-Mengapa-Perlu-Menggunakannya?

Teknologi Cloud Computing, Mengapa Perlu Menggunakannya?

Di masa sekarang sudah banyak bisnis yang mengandalkan teknologi Cloud Computing untuk mengurus data. Bisnis yang besar akan memerlukan kemudahan akses data dalam jumlah besar pula.

Secara sederhana, Cloud Computing bisa dimaknai sebagai metode yang dipakai dalam menyampaikan beragam jenis layanan melalui internet. Meski begitu, masih belum banyak orang yang menggunakannya.

Layanannya dalam hal ini bisa berupa server, database, perangkat lunak dan lain sebagainya. Apabila Anda juga belum menggunakannya, mari simak dahulu informasi lengkapnya di dalam artikel ini.

Teknologi Cloud Computing Itu Apa?

Cloud computing ialah pengiriman beragam layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan sampai analitik melalui internet (cloud). Perusahaan bisa memanfaatkannya menggantikan pembelian software dan hardware.

Sehingga produktivitas perusahaan bisa meningkat dan mampu memperoleh storage berkapasitas tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Apabila membeli software, hardware dan pemeliharaan sistem tentu biayanya lebih mahal.

Jika memakai server konvensional, maka perusahaan perlu mengeluarkan banyak dana untuk membeli server, router dan memperkerjakan SDM yang bertugas memelihara storage serta infrastruktur. Jadi, tampak bahwa penemuan baru ini lebih bermanfaat bagi perusahaan.

Teknologi Cloud Computing Cloud Computing terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni ada tipe Public, Private, Community, dan Hybrid. Mari menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Public Cloud

Tipe public ini mempunyai jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh dunia dan boleh dimanfaatkan secara gratis oleh siapa saja. Cukup menggunakan internet untuk bisa mengakses tipe public ini.

  1. Private Cloud

Tipe Private ini mempunyai sifat pribadi sehingga hanya administrator dan pengguna yang bisa mengakses layanannya. Tipe Private bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun bisnis hingga pemerintahan.

BACA JUGA:  Contoh Penerapan Internet of Things (IoT) di Berbagai Bidang

Berbeda dengan tipe Public yang bisa diakses secara gratis sepuasnya, tipe Private ini berbayar. Anda perlu membelinya melalui penyedia layanan dengan harga tertentu. Karena berbayar, tentu ada beragam keunggulan tersendiri.

  1. Hybrid Cloud

Tipe Hybrid ini merupakan gabungan dari tipe Public dan Private. Jadi, layanan ini mengandalkan tipe Private sebagai infrastruktur utama sementara tipe Public difungsikan sebagai cadangan.

  1. Community Cloud

Tipe Community ialah layanan yang dikhususkan untuk keperluan komunitas, organisasi dan institusi. Layanannya dapat dikelola oleh pihak internal maupun pihak ketiga untuk beragam keperluan.

Manfaat Penggunaan Teknologi Cloud Computing

Cloud Computing menyediakan beragam manfaat bagi para penggunanya. Terutama mempermudah pekerjaan dan menghadirkan beragam keuntungan untuk bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang perlu Anda tahu.

  1. Keamanan Data

Manfaat pertama ialah mampu menyediakan keamanan data. Kemanannya tergolong tinggi dan datanya bisa diakses dari mana saja. Umumnya menggunakan sistem keamanan berupa enkripsi.

  1. Akses Mudah

Manfaat lainnya ialah kemudahan akses data yang tersimpan di dalam sistem. Pengguna bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja secara mudah serta praktis cukup dengan mengandalkan jaringan internet.

Aktivitas sehari-hari juga tergolong lebih mudah karena penyimpanannya berbentuk virtual. Pengguna tidak perlu kesusahan membawa hardware untuk membuka beragam file dan data yang diperlukan setiap saat.

  1. Penyimpanan Tidak Terbatas

Manfaat selanjutnya dari teknologi Cloud Computing ialah kapasitas penyimpanannya yang begitu besar. Sehingga mampu memenuhi keperluan penyimpanan perusahaan yang tergolong besar.

  1. Kemudahan Kolaborasi

Manfaat lainnya ialah kemudahan kolaborasi yang membantu perusahaan dengan jumlah karyawan besar. Jadi, kolaborasi bisa dijalankan dengan proses sederhana di mana setiap orang dapat melihat dan berbagai informasi melalui platform berbasis Cloud.

BACA JUGA:  Teknologi Cyber Security untuk Cegah Kejahatan Siber

Ada sistem penyimpanan yang tergolong cepat dan canggih di mana bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Penyimpanan tersebut bernama teknologi Cloud Computing yang juga mampu menyediakan beragam manfaat lainnya.