Tips-Jual-Produk-di-Marketplace-Supaya-Menarik-Banyak-Pembeli

Tips Jual Produk di Marketplace Supaya Menarik Banyak Pembeli

Jual produk di marketplace bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin melakukan pemasaran dengan lebih mudah dan menarik minat banyak pembeli. Tapi, penting memahami karakteristik dari setiap marketplace sebelum Anda menggunakannya.

Sebab, setiap marketplace mempunyai pasar dan ciri khasnya masing-masing. Pilih marketplace paling cocok untuk memasarkan produk Anda tersebut. Era digital seperti sekarang ini, berjualan dengan metode online lebih menguntungkan.

Apalagi bila target pasarnya melek teknologi dan menginginkan kebutuhannya terpenuhi dengan lebih praktis. Walaupun marketplace efektif dijadikan platform jualan, tidak selalu bisa menarik perhatian banyak pembeli bila eksekusinya keliru, sehingga perlu menerapkan tips berikut.

Berbagai Tips Jual Produk di Marketplace Agar Menarik Banyak Pembeli

Penjual di marketplace, apalagi yang jenis produknya serupa saling berkompetisi supaya mampu menarik perhatian banyak pembeli. Bila Anda salah satunya, terapkan beberapa tips jual produk melalui marketplace ini supaya bisa bersaing sportif dengan penjual lain:

  1. Informasi Profil Toko Dilengkapi

Ketika jual produk di marketplace, penjual akan memiliki toko berbentuk digital. Sebaiknya lengkapi bagian informasi profil toko, mulai dari nama, deskripsi, sosial media, website, jam operasional dan lain-lain.

Pencantuman informasi profil yang lengkap akan membuat toko Anda menjadi tampak lebih profesional dan terpercaya. Aspek ini biasanya dijadikan bahan pertimbangan para pembeli supaya lebih yakin untuk melakukan transaksi.

Selain informasi profil toko, lengkapi juga deskripsi produk yang Anda ingin jual. Seperti ukuran, warna, ketersediaan stok, spesifikasi dan informasi penting lainnya. Jangan lupa melampirkan foto yang jelas dan menarik perhatian.

  1. Menyediakan Jasa Pengiriman yang Beragam

Tips jual produk di marketplace selanjutnya sediakan jasa pengiriman dengan opsi beragam. Banyaknya jasa pengiriman akan membuat pembeli lebih bebas dalam menentukan pilihan.

BACA JUGA:  Cara Buat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Sebagian pembeli ada yang sangat mempertimbangkan opsi jasa pengiriman ini karena biasanya berpengaruh terhadap harga dan durasi sampai alamat tujuan. Bila pilihannya terbatas, akan ada saja pembeli yang akhirnya tidak jadi beli dan beralih ke penjual lain.

  1. Memberikan Promo Secara Rutin

Rutin memberikan promo cukup efektif untuk menarik minat banyak pembeli. Mengenai promo, bisa berupa voucher gratis ongkir, diskon sejumlah tertentu, cash back atau lainnya. Metode promo seperti ini bisa dibuat berbeda-beda menyesuaikan momen.

  1. Tawarkan Produk dengan Harga Terjangkau

Bila menginginkan banyak pembeli, sebaiknya jangan patok produk dengan tarif terlampau mahal. Tawarkan dengan harga terjangkau, tapi tetap pertimbangkan keuntungan yang ingin diperoleh.

Sebelum menentukan harga, lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan angka terbaik. Jangan sampai alih-alih menginginkan jual produk di marketplace dengan banyak pembeli, tapi bisnis Anda mengalami rugi.

Apalagi bila kerugian yang dialami jumlahnya banyak. Pembeli di marketplace akan lebih tertarik dengan produk berharga terjangkau. Terutama untuk produk yang merk dan jenisnya sama.

  1. Promosikan Bisnis

Supaya menjangkau pasar yang lebih luas, promosikan bisnis Anda dengan memanfaatkan berbagai fitur ads tersedia. Bila ingin metode promosi gratis, manfaatkan feed marketplace atau platform digital yang bisa dipakai untuk memasarkan produk lainnya.

  1. Layani Seluruh Pelanggan dengan Baik

Tips jual produk di marketplace terakhir, layani seluruh pelanggan dengan baik. Sebaiknya usahakan responsif dalam membalas chat dari mereka. Bila terlalu lama dalam membalas, berkemungkinan besar pembeli beralih ke penjual lainnya.

Situasi seperti ini akan sangat disayangkan bila terjadi, karena Anda kehilangan calon pelanggan potensial. Dengan pelayanan baik juga akan berdampak terhadap ulasan dan rating yang nantinya bisnis Anda peroleh.

BACA JUGA:  Strategi Promosikan Jasa Pembuatan Website Supaya Ramai

Terapkan beberapa tips di atas dengan konsisten bila menginginkan hasil maksimal. Selain menerapkan tips tersebut, perhatikan kualitas produk. Jual produk di marketplace yang benar-benar berkualitas.