Wajib-Paham,-Inilah-Cara-Mencegah-Hipertensi-yang-Mudah

Wajib Paham, Inilah Cara Mencegah Hipertensi yang Mudah

Tidak terbatas usia, Anda harus memahami bagaimana cara mencegah hipertensi yang mudah dilakukan. Tekanan darah tinggi memang biasanya dapat menyerang siapa saja tanpa memandang apapun. Hal ini karena darah tinggi bisa disebabkan oleh apapun.

Kondisi darah tinggi biasanya disebabkan oleh faktor psikologis, faktor genetik, dan faktor umum lainnya. Dilihat dari beberapa faktor yang mungkin saja menyebabkan kondisi tersebut, tentu seharusnya membuat Anda waspada dengan berbagai perilaku penyebab.

Faktor utama yang paling mungkin menjadi penyebab hipertensi adalah faktor genetika. Jika sudah ada faktor genetika, tentu akan sulit untuk menghindarinya. Namun bukan berarti tidak apa upaya atau cara mencegah hipertensi yang bisa dilakukan dalam hal ini.

Meskipun memilki faktor gen, beberapa kasus menyatakan bahwa dengan pola hidup sehat faktor genetika tidak akan mempengaruhi munculnya kondisi hipertensi. Sebaiknya jika Anda memiliki faktor genetika tersebut, lakukan beberapa usaha mencegah terlebih dulu.

5 Cara Mencegah Hipertensi yang Mudah

Tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi di mana jantung terlalu cepat dan banyak memompa darah. Kondisi ini tentu saja tidak normal, apalagi ketika sudah terjadi kandungan mmHg dalam darah juga tidak seperti biasanya dan menyebabkan beberapa hal.

Kondisi dalam tubuh yang tidak normal sudah pasti menyebabkan gangguan yang dapat dilihat. Orang yang mengalami kondisi ini biasanya merasakan pusing yang sangat hebat hingga pingsan. Namun Anda bisa mencegahnya dengan cara mencegah hipertensi berikut.

  1. Hindari garam terlalu banyak

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menghindari konsumsi garam dalam jumlah banyak. Orang Indonesia umumnya menyukai makanan asin, sehingga sering membutuhkan garam. Namun jika terlalu banyak tentu hal tersebut tidak bagus.

BACA JUGA:  Waspada Gagal Ginjal Pada Anak Kita

Kandungan iodium dalam garam jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan kondisi ini. Memang kebanyakan orang sudah memahami bahwa konsumsi garam terlalu banyak bisa menyebabkan hipertensi, Anda bisa menganggap hal itu benar dan bukan mitos.

  1. Hindari makanan yang menyebabkan darah tinggi

Coba mulai hindari makanan yang dapat menyebabkan kondisi ini seperti makanan yang terlalu berlemak. Coba makan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah – buahan. Konsumsi daging juga diperbolehkan, namun coba hindari konsumsi daging kambing.

  1. Berusaha pelan – pelan dalam melakukan sesuatu

Cara mencegah hipertensi lainnya adalah dengan berusaha pelan – pelan dalam melakukan sesuatu. Hal ini bisa dijadikan kebiasaan, terutama bagi orang yang sudah memiliki anggota keluarga lain dengan kondisi darah tinggi.

Pelan – pelan atau tidak terburu – buru akan membuat jantung menjadi lebih tenang sehingga kondisi ini tidak akan terjadi pada tubuh.

  1. Periksakan tekanan darah secara berkala

Periksakan juga tekanan darah secara berkala menggunakan alat pengukur. Anda bisa memperiksakannya kepada dokter atau membeli alatnya dan melakukan pemeriksaan secara mandiri.

Dengan pemeriksaan secara berkala ini, Anda menjadi tahu bagaimana kondisi tubuh Anda. Kemudian jika tekanan darahnya tinggi, Anda bisa langsung tahu dan melakukan beberapa hal untuk menekan tekanan darahnya.

  1. Kendalikan stress

Lalu cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengendalikan stress. Stress adalah salah satu faktor yang paling mungkin dalam hipertensi. Stress akut tentu akan membuat jantung tidak tenang dan memompa darah terlalu banyak ke seluruh tubuh.

Itu sebabnya tekanan darah di dalam tubuh jadi lebih tinggi. Anda tidak boleh menganggap sepele hal ini, karena ternyata stress memiliki banyak pengaruh. Sehingga pastikan melakukan cara mencegah hipertensi ini dan beberapa cara mencegah lainnya.

BACA JUGA:  Hidrometeorologi Masih Mengancam Jatim, Warga Diminta Siap Siaga