Waspada-Gagal-Ginjal-Pada-Anak-Kita

Waspada Gagal Ginjal Pada Anak Kita

Kababerita.com – Waspada Gagal Ginjal Pada Anak Kita, Perhatian untuk kita sebagai orang tua. Sebab info baru-baru ini sungguh sangat memprihatinkan untuk kita. Sebab pada kasus gagal ginjal akut pada anak mulai meningkat. Penyakit ini menyerang pada anak usia 6 bulan sampai usia 18 tahun. Kenaikan ini terjadi dari 2 bulan terakhir ini. Terpantau sejak 18 oktober 2022, berjumlah 189 kasus dilaporkan. Dana penderita penyakit ini di dominasi oleh anak yang berusia 1-5 tahun.

Dari adanya kasus gagal ginjal akut ini, Pemerintah melalui kementrian Kesehatan bertindak cepat. Langsung menginformasikan kepada masyarakat khusunya para orang tua untuk mewaspadai penyakit ini. Serta memberikan sosialisasi agar supaya para oarng tua tidak terlalu panik dalam kasus ini. Kemkes juga memberikan informasi jika gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut ini segera mendapatkan perawatan khusus.

Inilah Ciri-cici gejalanya :

  1. Diare
  2. Muntah-muntah
  3. Mengalami demam selama 3-5hari.
  4. Batu dan Pilek
  5. Kencing semakin jarang bahkan tidak pernah kencing.

Dr. Yanti Hermawan Mh. Yang menjabat sebagai Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Memberikan pernyataannya yaitu Mengajak para masyarakat dalam hal ini orang tua khusunya. Agar suapay selalu terus mengawasi dan memantau perkembangan kesehan anakya. Lalu menyarankan agar supaya para orang tua tidak panik. Jika anak mengalami gejala – gejala seperti di atas, maka segeralah dibawa ke tempat fasilitas Kesehatan terdekat. Agar langsung mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih lanjut katanya.

Bukan Hany aitu saja, pemerintah melalui kemenkes berupaya untuk menurunkan tingginya kasus gagal ginjal aku pada anak segera bertindak. Ini di buktikan dengan penerbitan Surat Keputusan dari Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan, Nomor HK.02.02./2/1/3305/2022. Yaitu tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal ( Atypical progressive acute kidney injury ) pada fasilitas pelayanan Kesehatan untuk anak.

BACA JUGA:  Pastikan Anda Memahami Cara Mencegah Gangguan Ginjal

Surat keputusan ini dikeluarkan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai serangkain kegiatan yang harus dilakukan olehtenaga medis dan juga tenaga Kesehatan lain dalam upaya penanganan terhadap pasien Gagal Ginjal Akut Pada Anak.

 

Referensi:

https://upk.kemkes.go.id/new/waspadai-gagal-ginjal-akut-pada-anak