Waspada!!-Gunung -Semeru-Erupsi-Kembali-Keluarkan-Awan-Panas-Lagi.

Waspada!! Gunung Semeru Erupsi Kembali Keluarkan Awan Panas Lagi.

Himbauan kepada waga khususnya kabupaten lumajang jawa timur atas terjadi erupsi Kembali gunung semeru  yang berada di situ. Gunung Semeru Kembali keluarkan awan panas lagi. Tepatnya pada hari minggu tanggal 24 desember 2022.

Luncuran awan panas atau biasa di sebut wedus gembel oleh daerah setempat dengan intensitas sedang hingga tebal mengarah ke tenggara dan selatan. Sekitar tinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak gunung semeru mulai jam 02.22 dini hari.

Luncuran awan panas tersebut telah terekam di seismograf petugas penjagaan gunung dengar amplitude 18-22 mm durasinya 65-120 detik.

PVMBG atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  juga mengingatkan kepada para warga setempat untuk tidak melakukan kegiatan dan segeralah menghindari lokasi wilayah tenggara sepanjang desa Besuk kobokan. Sejauh 13 kliometer dari puncak gunung semeru.

Selain itu PVMBG juga menghimbau kepada warga yang berada di luar jarak tersebut. warga diminta untuk menghindari tepian sungai Sempadan di sepanjang  desa Besuk kobokan kurang lebih 500 meter menjauh dari tepian sungai itu. Dikhwatirkan adanya perluasan aliran lahar dan awan panas yang di perkirakan dengan jarak 17 kilometer dari puncak semeru.

Dan Warga juga mendapatkan peringatan untuk tidak melakukan kegiatan sekitar radius 5 kilometer dari puncak semeru. Sebab kemungkinan terkena lontaran batu pijar.

Warga yang berada di sekitar sungai atau lembah yang berhulu di puncak gunung semeru yaitu Desa Besuk kobokan, besuk kembar, besuk sat. Dihimbau untuk selalu waspada akan terjadinya luncuran awan panas dan juga lelehan lahar dari puncak semeru, Hal ini sampaikan oleh bapak Abdul Muhari selaku kepala pusat data informasi dan komunikasi kebencanaan (BNPB). Dikutip dari Kompas.kom pada minggu 4 desember 2022.

BACA JUGA:  Wilayah Jawa Barat Berpotensi Hidrometeorologi Perlu Diwaspadai

Diperkirakan Jarak luncuran awan panas

Berdasarkan pantauan kamera CCTV di pos penjagaan gunung semeru. Fenomina ini berlangsung pada  hari minggu tanggal 4 desember 2022 pukul 07:42 wib. Jarak luncuran awan panas bervariasi dari 5-7 kilometer.

Untuk mengantisipasi kejadian ini, BPBD atau badan penanggulangan bencana daerah khususnya kabupaten lumajang bergerak cepat langsung ke lokasi untuk mengkaji dan memberi peringatan kepada para warga di sekitar gunung semeru.

Kepala badan kedaruratan BPBD kabupatan lumajang menyampaikan bahwasanya beliau sudah berada di pos pantauan yang berjarak sekitar 12 kilometer dari puncak gunung semeru. Pada hari minggu 2 desember 2022.

Pantauandi lapangan yang dilakukan oleh tim PVMBG,  Abu vulkanik naik ke atas dan mengarah kea rah selatan.

Untuk mengantisipasi dampak dari abu vulkanik, tim PVMBG bergrak cepat dengan memberikan  masker gratis kepada masyarakat yang terdapak.

Dan diperkirakan arah dari abu vulkanik it uke selatan. Tetapi tim PVMBG juga sudah sampai disana untuk memberikan himbauan kepada masyarakat di sana.

Kesimpulanya fenomena awan panas di gunung semeru saat ini dengan status SIAGA level 3